Jokowi Minta Panjang Landasan Bandara Madura Ditambah

Ameidyo Daud Nasution
9 Oktober 2017, 11:11
Bandara pesawat
Arief Kamaludin (Katadata)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta panjang landasan pacu Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, ditambah lagi. Penambahan ini diperlukan agar pesawat berbadan besar dapat mendarat di Madura, sehingga bisa menunjang perekonomian masyarakat pulau tersebut.

Sebenarnya saat ini panjang landasan Bandara Trunojoyo sudah ditambah menjadi 1.600 meter dari sebelumnya yang hanya 1.100 meter. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja merampungkan pekerjaan perpanjangan landasan tersebut, dan sudah dapat didarati pesawat jenis ATR sejak pekan lalu.

Meski begitu, Jokowi merasa panjang landasan yang ada saat ini tidak cukup. Dengan landasan yang ada, Bandara Trunojoyo belum bisa menampung pesawat besar. "Harus diperpanjang lagi agar pesawat lebih besar masuk," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, akhir pekan lalu.

Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas antarpulau dan dalam pulau di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah bandara, pelabuhan, jembatan, hingga jalan raya yang harus segera dirampungkan pembangunannya.

(Baca: AP II Siapkan Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Tahun Depan)

Mengenai permintaan Presiden untuk kembali menambah panjang landasan Bandara Trunojoyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan segera melaksanakan pembangunannya. Penambahan panjang landasan pacu ini ditargetkan bisa rempung pada 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...