Trader Minyak Dunia Mulai Lirik Bisnis Jual Beli Karbon

Image title
22 Juni 2021, 10:59
minyak, karbon, pedagang minyak melirik bisnis karbon, bisnis karbon, harga minyak, harga karbon, karbon trading, bisnis minyak
Chevron
Ilustrasi produksi minyak. Pedagang minyak dunia mulai beralih ke bisnis jual beli karbon.

Para pedagang minyak dunia mulai melirik bisnis jua beli karbon. Potensi keuntungan dari bisnis karbon dinilai lebih besar. Apalagi, saat ini para pemimpin dunia berupaya membatasi energi fosil dan pengurangan karbon yang berdampak pada perubahan iklim.

Global Head of Carbon Trading di Trafigura Group Hannah Hauman mengatakan, pasar karbon global cukup menjanjikan saat ini. Potensi bisnis ini bahkan berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan perdagangan minyak mentah.

Sementara pengelola dana di komoditas minyak Andurand Capital LLP mengharapkan biaya untuk mengatasi pencemaran udara dapat meningkat berlipat ganda. Khususnya sebelum adanya beberapa teknologi pengurangan emisi mulai berkembang.

Vitol dan Trafigura, serta sejumlah pengelola dana atau hedge fund terutama di komoditas minyak bersiap untuk mendapatkan keuntungan dari salah satu perdagangan kabon. Komoditas ini sedang hangat dibicarakan dunia saat ini.

Pedagang minyak harus bersiap untuk pasokan yang lebih ketat di tengah rencana Uni Eropa melakukan reformasi pasar terbesar hingga saat ini. Terutama guna menyelaraskan perdagangan karbon dengan membatasi dampak perubahan iklim yang lebih ketat untuk dekade berikutnya.

"Karbon telah menjadi komoditas terbesar di dunia saat ini, dengan potensi 10 kali lebih besar dari pasar minyak mentah,” kata Hauman seperti dikutip dari Reuters, Selasa (22/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...