Timur Tengah Bergejolak, Pertamina Antisipasi Gangguan Pasokan Minyak

Mela Syaharani
22 April 2024, 16:21
pertamina, timur tengah, geopolitik, minyak, migas
Pertamina
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) melakukan antisipasi gangguan stok minyak mentah (crude) dari wilayah Timur Tengah yang dalam beberapa waktu terakhir ini terjadi konflik antara Iran-Israel.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan perusahaannya telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi agar pasokan Pertamina untuk kebutuhan dalam negeri tidak terganggu.

“Optimalisasi produksi minyak mentah dalam negeri agar bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan dalam negeri,” kata Fadjar saat dihubungi Katadata.co.id pada Senin (22/4).

Sebagai informasi, pada Jumat (19/4) Israel kembali melancarkan serangan ke Iran pada Jumat (19/4). Rudal-rudal Israel dikabarkan menghantam sebuah lokasi di Iran.

Informasi tersebut diperoleh dari seorang pejabat Amerika Serikat (AS) kepada ABC News pada Kamis (18/4) malam, tanpa bisa mengonfirmasi apakah lokasi-lokasi di Suriah dan Irak juga terkena dampak serangan udara tersebut.

Kantor berita Fars Iran mengatakan, ledakan terdengar di sekitar Kota Qahjavaristan yang lokasinya berada di dekat Bandara Isfahan dan Pangkalan Shekhari ke-8 Angkatan Udara di barat laut Isfahan.

Selain optimalisasi produksi dalam negeri, Pertamina mengatakan bahwa impor minyak mentah mereka berasal dari beberapa negara. “Pertamina mengimpor minyak mentah dari Arab Saudi, Nigeria dan beberapa negara Afrika. Jadi tidak bergantung hanya kepada satu dua negara saja dan dari Timur Tengah saja,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...