Erick Thohir Sebut Perekonomian Nasional Bangkit

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan arus balik Lebaran 2022. Dari ramainya kendaraan pemudik dan logistik, ia menyimpulkan adanya kebangkitan aktivitas perekonomian nasional.
Image title
Oleh Shabrina Paramacitra
4 Mei 2022, 17:09
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan arus balik Lebaran 2022. Dari ramainya kendaraan pemudik dan logistik, ia menyimpulkan adanya kebangkitan aktivitas perekonomian nasional.
Kementerian BUMN
Erick Thohir (barisan paling depan, dua dari kanan), meninjau kondisi arus balik Lebaran 2022. Ia menilai momen mudik tahun ini mengindikasikan pulihnya perekonomian nasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai perekonomian nasional mulai bangkit. Hal itu diungkapkannya saat melakukan pengecekan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheuni dalam rangka arus balik Lebaran, Rabu (4/5). Erick melihat adanya peningkatan jumlah kendaraan roda empat dan pengangkutan logistik via truk. Hal itu mengindikasikan geliat aktivitas ekonomi masyarakat.

“Data selama arus mudik, penyeberangan logistik via truk meningkat hingga 116 persen. Belum lagi kenaikan kendaraan roda empat (naik) sampai 27 persen. Ini membuktikan tingkat ekonomi masyarakat meningkat,” ujar Erick.

Menindaklanjuti tren positif tersebut, Erick mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan untuk mendesain ulang “wajah” Pelabuhan Merak yang legendaris.

Perubahannya, kata dia, antara akan tetap jadi menjadi poros penyeberangan mobil dan motor, atau ditambah penyeberangan untuk keperluan logistik. “Atau untuk (pengangkutan) logistik dipindahkan ke titik yang lain,” imbuh Erick.

Advertisement

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy menambahkan, selama ini Pelabuhan Merak memang hanya melayani kendaraan pemudik, baik roda dua maupun roda empat. Dirinya sangat berharap, rencana redesain pelabuhan ini bisa mengurangi antrean kendaraan di Jalan Cikuasa Atas hingga ruas Tol Tangerang-Merak.

Sementara itu, mengingat rasio logistik dan penumpang yang begitu banyak, Pelabuhan Indah Kiat, sebuah dermaga yang berdekatan dengan Pelabuhan Merak di Banten, digunakan untuk keperluan logistik. “Pelabukan ini melayani truk dan kendaraan besar yang mengangkut sembako maupun kebutuhan pokok lainnya menuju Pulau Sumatra,” ujar Rudy.

Alih fungsi Pelabuhan Indah Kiat menjadi angkutan umum khusus logistik menambah jumlah dermaga yang beroperasi melayani pemudik pada momen Idulfitri 1443 H, menjadi delapan unit.

Sebanyak tujuh dermaga milik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak. Kemudian satu lagi dermaga yang dioperasikan berada di Pelabuhan Indah Kiat. Upaya ini dilakukan agar Pelabuhan Merak bisa semakin banyak menampung jumlah kendaraan pemudik.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait