12 Manfaat Daun Insulin untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Daun insulin merupakan tanaman herbal yang mengandung beragam senyawa aktif. Daun ini dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Image title
27 Oktober 2021, 10:19
Warga Pal 9 Ramses Tobing merawat tanaman Insulin yang ditanamnya di perkarangan rumahnya di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (2/11/2019). Daun Insulin (Smallanthus Sonchifolius) yang berukuran lebar tersebut dipercaya masyarakat
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Warga Pal 9 Ramses Tobing merawat tanaman Insulin yang ditanamnya di perkarangan rumahnya di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (2/11/2019). Daun Insulin (Smallanthus Sonchifolius) yang berukuran lebar tersebut dipercaya masyarakat setempat sebagai obat herbal yang dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, melawan bakteri dan jamur serta mencegah kanker.

Daun insulin atau Costus igneus merupakan bahan alami yang dikenal dapat mengobati penyakit diabetes. Daun ini dihasilkan oleh pohon insulin yang biasanya tumbuh di pekarangan. Tinggi pohon tersebut kurang dari satu meter, daunnya berwarna hijau hingga kekuningan dengan ukuran 10 – 20 cm. Bentuk daunnya sederhana dengan tulang daun yang memiliki bentuk pararel.

Tanaman ber-genus Coscus ini bisa tumbuh dengan baik apabila berada di tanah yang lembap, subur, dan banyak air. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, diketahui bahwa daun ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Daun Insulin

Manfaat daun insulin diperoleh karena obat herbal ini memiliki berbagai kandungan senyawa aktif. Mengutip dari sehatq.com, beberapa kandungan yang dimiliki insulin antara lain; alpha-tocopherol, beta-karoten, steroid, flavonoid, karbohidrat, alkaloid, tannin, saponin, dan protein.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Sains dan Matematika, daun insulin mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain:

  • Camphene
  • β-Pinene
  • 9.92 Myrcene
  • 1, 8-Cineole
  • β -Caryophyllene
  • β -Gurjunene
  • α -Humulene
  • Germacrene D

Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan

Daun insulin yang memiliki banyak kandungan senyawa aktif menjadikannya kaya manfaat. Beberapa penelitian telah menguji manfaat daun ini bagi kesehatan. Mengutip dari alodokter.com, hellosehat.com, dan honestdocs.id, berikut beberapa manfaat daun insulin.

1. Mencegah kanker

Ekstrak daun herbal ini dipercaya bisa mencegah kanker. Hal tersebut karena insulin memiliki beberapa senyawa aktif yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

2. Melindungi tubuh dari jamur dan bakteri

Selain anti kanker, ekstrak tanaman insulin juga diketahui memberikan efek anti mikroba yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari ancaman bakteri dan jamur.

Esktrak metanol dalam insulin dapat melawan perkembangan bakteri tertentu seperti Bacillus megaterium, Micrococcus leuteus, Staphylococcusn aureus, Streptococcus lactis, salmonella dan Pseudomonomon aeruginosa negatif. Selain metanol, kandungan etanol dalam daun ini juga bisa melawan E. coli dan Candida albicans.

3. Melawan radikal bebas

Daun herbal ini mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa insulin memiliki antioksidan yang tinggi yakni sekitar 89,5% - 90%. Senyawa tersebut membuat daun ini bisa mengatasi gangguan hati, pangkreas, ginjal, dan masalah kesehatan lain disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengontrol kadar gula darah

Insulin dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam darah. Manfaat daun insulin untuk diabetes ini sudah banyak diteliti.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Ayurveda Research membuktikan bahwa daun herbal bisa menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP (dua jam setelah makan). Penelitian tersebut dilakukan ke tikus lab yang mengalami hiperglikema.

Selan itu, penelitian tentang manfaat daun insulin untuk diabetes juga dilakukan oleh Kasturba Medial Collage. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas tanaman insulin dengan obat diabetes.

Hasil penelitian diketahui bahwa pemberian larutan daun insulin ke tikus percobaan menunjukan hasil penurunan kadar gula darah dua jam setela makan.

5. Obat hipertensi

Manfaat daun insulin lainnya yaitu dapat menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian di jurnal Pharmacognosy Reviews menunjukan efek penurunan tekanan darah.

Hal tersebut karena insulin memiliki efek diuretik yang sistem kerjanya mirip obat furosemide. Efek diuretik dapat membuat ginjal mengeluarkan garam dan cairan tubuh yang berlebih melalui urin.

6. Mencegah gangguan pada jantung

Insulin juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sehingga risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, serangan jantung, dan stroke dapat dihindari.

7. Menjaga pencernaan

Manfaat daun insulin selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Daun ini mengandung bahan prebiotik yang dapat merangsang pertumbuhan mikroflora dalam tubuh.

Apabila bakteri probiotik dirawat, maka tubuh dapat menyerap vitamin dan mineral dengan maksimal. Daun ini juga memberikan sedikit efek pencahar yang dapat mengurangi kontipasi, kembung, dan gastrointestinal.

8. Menurunkan berat badan

Daun herbal ini juga memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Beberapa peneliti mempercayai bahwa daun ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat karena tidak memiliki pati dan rendah kalori. Meskipun demikian, khasiat ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

9. Mencegah gangguan saluran kemih

Obat herbal ini memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengatasi infeksi di saluran kemih. Sehingga masalah kesehatan seperti sulit buang air kecil dapat dihindari dengan rutin konsumsi daun ini.

10. Menyembuhkan radang tenggorokan

Daun ini memiliki efek menenangkan dan mengatasi radang akibat infeksi bakteri. Senyawa anti bakteri daun ini juga bisa melawan infeksi bakteri di seluruh organ tubuh.

11. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam daun insulin juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut karena senyawa aktif ini mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan gangguan kulit.

12. Meredakan nyeri

Manfaat daun insulin selanjutnya yaitu bisa meredakan nyeri. Daun ini memiliki efek analgesik atau pereda nyeri. Senyawa aktif dalam daun herbal ini mampu menghambat, meminimalisir, dan menangkal rasa sakit dari sistem saraf.

Cara Mengkonsumsi Daun Insulin

Untuk mengkonsumsi daun insulin sebenarnya ada beberapa cara. Mengutip dari halodoc.com, daun ini bisa langsung dikunyah di pagi atau malam hari. Akan tetapi, Anda juga bisa mengolah daun ini sebelum dikonsumsi.

Anda bisa mengeringkan daun ini terlebih dahulu. Lalu haluskan daun kering tersebut sampai menjadi bubuk. Kemudian seduh bubuk daun herbal ini dengan air secukupnya.

Efek Samping Daun Insulin

Meskipun memiliki kandungan aktif dan manfaat yang beragam, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang dapat membahayakan ginjal. Mengutip dari honestdocs.id, beberapa penelitian pernah mempelajari tentang efek samping daun ini.

Penelitian tersebut diberikan kepada tikus percobaan yang diinduksi diabetes selama 90 hari. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan daun insulin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada tikus percobaan tersebut.

Maka dari itu, untuk mencegah efek samping yang berbahaya, sebaiknya konsumsi daun insulin dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait