12 Manfaat Daun Insulin untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Siti Nur Aeni
27 Oktober 2021, 10:19
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Warga Pal 9 Ramses Tobing merawat tanaman Insulin yang ditanamnya di perkarangan rumahnya di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (2/11/2019). Daun Insulin (Smallanthus Sonchifolius) yang berukuran lebar tersebut dipercaya masyarakat setempat sebagai obat herbal yang dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, melawan bakteri dan jamur serta mencegah kanker.

Daun insulin atau Costus igneus merupakan bahan alami yang dikenal dapat mengobati penyakit diabetes. Daun ini dihasilkan oleh pohon insulin yang biasanya tumbuh di pekarangan. Tinggi pohon tersebut kurang dari satu meter, daunnya berwarna hijau hingga kekuningan dengan ukuran 10 – 20 cm. Bentuk daunnya sederhana dengan tulang daun yang memiliki bentuk pararel.

Tanaman ber-genus Coscus ini bisa tumbuh dengan baik apabila berada di tanah yang lembap, subur, dan banyak air. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, diketahui bahwa daun ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Daun Insulin

Manfaat daun insulin diperoleh karena obat herbal ini memiliki berbagai kandungan senyawa aktif. Mengutip dari sehatq.com, beberapa kandungan yang dimiliki insulin antara lain; alpha-tocopherol, beta-karoten, steroid, flavonoid, karbohidrat, alkaloid, tannin, saponin, dan protein.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Sains dan Matematika, daun insulin mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain:

• Camphene
  • β-Pinene
  • 9.92 Myrcene
  • 1, 8-Cineole
  • β -Caryophyllene
  • β -Gurjunene
  • α -Humulene
  • Germacrene D

Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan

Daun insulin yang memiliki banyak kandungan senyawa aktif menjadikannya kaya manfaat. Beberapa penelitian telah menguji manfaat daun ini bagi kesehatan. Mengutip dari alodokter.com, hellosehat.com, dan honestdocs.id, berikut beberapa manfaat daun insulin.

1. Mencegah kanker

Ekstrak daun herbal ini dipercaya bisa mencegah kanker. Hal tersebut karena insulin memiliki beberapa senyawa aktif yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

2. Melindungi tubuh dari jamur dan bakteri

Selain anti kanker, ekstrak tanaman insulin juga diketahui memberikan efek anti mikroba yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari ancaman bakteri dan jamur.

Esktrak metanol dalam insulin dapat melawan perkembangan bakteri tertentu seperti Bacillus megaterium, Micrococcus leuteus, Staphylococcusn aureus, Streptococcus lactis, salmonella dan Pseudomonomon aeruginosa negatif. Selain metanol, kandungan etanol dalam daun ini juga bisa melawan E. coli dan Candida albicans.

3. Melawan radikal bebas

Daun herbal ini mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa insulin memiliki antioksidan yang tinggi yakni sekitar 89,5% - 90%. Senyawa tersebut membuat daun ini bisa mengatasi gangguan hati, pangkreas, ginjal, dan masalah kesehatan lain disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengontrol kadar gula darah

Insulin dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam darah. Manfaat daun insulin untuk diabetes ini sudah banyak diteliti.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Ayurveda Research membuktikan bahwa daun herbal bisa menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP (dua jam setelah makan). Penelitian tersebut dilakukan ke tikus lab yang mengalami hiperglikema.

Selan itu, penelitian tentang manfaat daun insulin untuk diabetes juga dilakukan oleh Kasturba Medial Collage. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas tanaman insulin dengan obat diabetes.

Hasil penelitian diketahui bahwa pemberian larutan daun insulin ke tikus percobaan menunjukan hasil penurunan kadar gula darah dua jam setela makan.

5. Obat hipertensi

Manfaat daun insulin lainnya yaitu dapat menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian di jurnal Pharmacognosy Reviews menunjukan efek penurunan tekanan darah.