21 Makanan Penurun Kolesterol dan Cara Mengolahnya

Siti Nur Aeni
10 September 2021, 19:10
21 Makanan Penurun Kolesterol dan Cara Mengolahnya
pexels.com
Ilustrasi makanan sehat yang bisa menurunkan kadar kolsterol

Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Menurut penjelasan Jurnal Biotek Medisiana Indonesia Vo.1 No. 2, kolesterol tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kolsterol bisa memicu adanya penyumbatan di pembuluh darah perifer yang nantinya mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Melihat risiko yang bisa ditimbulkan oleh kolesterol jahat itu, maka penting untuk melakukan upaya pencegahan terhadap gangguan kesehatan tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi minuman dan makanan penurun kolesterol. Berikut daftar makanan penurun kolestrol dan juga minumannya.

Advertisement

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Makanan dan minuman yang umum dijumpai sehari-hari, memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Mengutip laman kesehatan seperti hellosehat.com, alodokter.com, sehatq.com, dan halodoc.com, berikut beberapa daftar minuman dan makanan penurun kolesterol.

1. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi alternatif pilihan makanan penurun kolesterol. Makanan ini mengandung nustrisi baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan serat di dalam oatmeal bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Oatmeal ini merupakan makanan sehat kaya nutrisi, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

2. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol paling ampuh selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Di dalam kacang-kacangan ada lemak tidak jenuh dan serat yang bisa menjaga kolesterol tetap normal. Jenis kacang yang biasa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol yaitu almond dan kenari. Cara mengonsumsi kacang-kacangan salah satunya sebagai camilan sehat dan bisa juga dicampur dengan salad.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, arugula, dan kangkung bisa menjadi pilihan makanan penurun kolesterol. Sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan produksi asam empedu dari kolesterol. Dengan demikian, akumulasi kolesterol di dalam darah bisa dicegah.

4. Pisang

Buah yang rasanya cendung manis ini memang memiliki banyak nutrisi dan manfaat. Salah satu manfaat pisang yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol. Pisang memiliki kandungan inulin yang beperan aktif mengurangi kolesterol dari makanan yang masuk ke tubuh.

5. Ikan salmon

Selain rasanya yang lezat, kandungan omega 3 di dalam ikan salmon juga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ikan salmon juga dipercaya membantu perkembangan otak, baik untuk kesehatan tulang, kulit, rambut, dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

6. Buah alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, fitosterol, dan polifenol yang baik untuk menjaga kolesterol dalam tubuh. Buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah berat badan seperti obesitas.

7. Buah apel

Apel memiliki kemampuan memperlambat oksidasi kolesterol jahat, serta mengandung polifenol antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan tersebut juga berperan mencegah terjadinya peradangan dan plak di arteri. Buah apel juga mengandung berbagai vitamin yang bisa mejaga kondisi tubuh tetap sehat.

8. Bawang bombai

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa buah dan sayur menjadi pilihan makanan penurun kolesterol, kelompok bawang-bawangan juga bisa menjadi solusi penurun kolestrol. Biasanya, bawang bombai dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, bawang besar tersebut juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Hal itu karena, bawang bombai memiliki flavonoid yang mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah.

9. Bawang putih

Selain bawang bombai, jenis bawang lain yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol yakni bawang putih. Bukan hanya kolesterol, manfaat bawang putih lainnya yaitu bisa mencegah hipertensi, melawan infeksi, dan mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah plak di arteri.

10. Timun

Makanan penurun kolesterol tinggi berikutnya yaitu timun. Sayuran ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengurangi lemak jahat di saluran pencernaan. Tidak hanya itu, timun juga kaya akan kalium dan magnesium yang baik untuk mencegah darah tinggi.

11. Terung

Terung atau terong juga mengandung serat bermanfaat untuk melarutkan kolesterol di dalam usus. Tidak hanya itu, terung juga mengandung antosianin yang bisa mencegah jantung koroner dan hipertensi. Untuk mengonsumsi terung agar manfaatnya bisa dirasakan tubuh, sebaiknya diolah dengan cara di kukus, sehingga nutrisi di dalam terung tetap terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement