15 Manfaat Daun Pepaya dan Efek Sampingnya

Daun pepaya biasanya dikonsumsi sebagai sayur, lalap, atau makanan tradisional lainnya. Meskipun rasanya pahit, namun manfaat daun pepaya untuk kesehatan sangat beragam.
Image title
20 September 2021, 07:38
15 Manfaat Daun Pepaya dan Efek Sampingnya
pixabay.com
Daun pepaya mengandung banyak nutrisi dan baik untuk menjaga kesehatan

Kita mungkin sudah tidak asing dengan buah pepaya yang kaya nutrisi. Salah satu manfaat buah pepaya yang terkenal yaitu bisa melancarkan pencernaan. Namun ternyata tidak hanya buahnya yang bermanfaat, manfaat daun pepaya juga sangat banyak.

Umumnya daun buah pepaya diolah menjadi sayur atau lalap. Rasa pahit dari daun pepaya tertutupi dengan bumbu masakan, sehingga tetap lezat saat dinikmati. Manfaat dari daun pepaya tentu saja dipengaruhi oleh kandungan yang ada didalamnya.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia dalam 100 gram daun pepaya mentah mengandung nutrisi seperti;

  • 75,4 gram air
  • 87 kal energi
  • 8 gram protein
  • 2 gram lemak
  • 11,9 gram karbohidrat
  • 1,5 gram serat
  • 2,7 gram abu
  • 353 mg kalsium
  • 63 mg fosfor
  • 0,8 mg besi
  • 4 mg natrium
  • 926,6 mg kalium
  • 0,20 mg tembaga
  • 1,5 mg seng
  • 5,409 mcg beta karoten
  • 18,250 mcg karoten total
  • 0,15 mg vitamina B1
  • 0,50 mg vitamin B2
  • 1,9 mg niasin
  • 140 mg vitamin C

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan nutrisi di daun pepaya, maka tak heran jika manfaatnya juga beragam. Mengutip dari hellosehat.com, honestdocs.id, dan halodoc.com, berikut ini beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

1. Meningkatkan trombosit

Manfaat daun pepaya yang pertama yaitu bisa meningkatkan trombosit. Sehingga bisa menjadi obat herbal untuk penderita demam berdarah. Ketika trombosit kembali normal, maka proses penyembuhan akan lebih cepat.

2. Berpotensi menyembuhkan kanker

Daun pepaya ternyata berpotensi untuk menyembuhkan penyakit kronis yang satu ini. dalam Jurnal Frotiers in Pharmacology dijelaskan bahwa daun pepaya memiliki potensi untuk menghambat sel kanker terutama kanker payudara, kulit, dan prostat.

Senyawa aktif di daun pepaya memiliki sfiat sitotoksik. Senyawa itulah yang berpotensi mematikan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Daun pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung. Manfaat daun untuk lambung karena daun dengan rasa pahit ini bisa menurunkan kadar stres. Hal tersebut yang bisa menurunkan risiko asam lambung.

4. Menambah energi

Siapa sangka jika daun pepaya yang rasanya pahit ini bisa meningkatkan energi tubuh. Daun pepaya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, daun pepaya juga memiliki serat yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meskipun demikian, manfaat ini masih butuh pengujian lebih lanjut.

5. Mengatasi infeksi jamur

Daun papaya juga memiliki kemampuan anti jamur termasuk untuk mengatasi jamur di permukaan kulit. Selain jamur yang menginfeksi manusia, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jamur tanaman. Maka tak heran jika daun pepaya sering digunakan untuk pembuatan pestisida nabati.

6. Anti peradangan

Manfaat duan pepaya lainnya yaitu bisa mengatasi peradangan. Kandungan antioksidan yang ada didalamnya membuat daun ini bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan radang. Sebuah penelitian juga menyebutkan ekstrak daun pepaya bisa mengurangi radang dan bengkak pada tikus yang mengalami radang sendi.

7. Mencegah risiko diabetes

Kita tahu daun pepaya rasanya sangat pahit, sehingga sudah pasti rendah gula. Maka dari itu, daun pepaya ini bisa dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, daun pepaya juga bisa menurunkan stres oksidatif dan merangkasang insulin. Maka dari itu, risiko diabetes bisa dikurangi.

8. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu bisa mencegah penyakit jantung. Vitamin C dan antioksidan pada daun pepaya memiliki peran besar untuk mencegah penyakit ini. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol penyebab penyakit jantung.

9. Menurunkan hipertensi

Daun pepaya juga bermanfaat untuk penderita hipertensi. Berdasarkan penjelasan di Jurnal Acta Veterinaria Indonesia 8(1), manfaat daun pepaya untuk darah tinggi ini karena mengandung flavonoid dan kalium.

10. Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan kalsium di daun pepaya membuatnya bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Anda bisa mengkonsumsi olahan daun pepaya untuk mendapatkan manfaat ini.

11. Merangsang pertumbuhan rambut

Daun pepaya mengandung phytochemical yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Senyawa aktif tersebut juga bisa mengatasi masalah kerusakan rambut seperti gatal pada kulit kepala, gejala kebotakan, dan penipisan pada rambut.

12. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat juga merupakan masalah kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa memanfaatkan daun pepaya. Oleskan daun pepaya yang sudah dihaluskan pada wajah yang berjerawat seperti menggunakan masker kecantikan. Tunggu beberapa saat, lalu bilas.

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

Daun pepaya juga bermanfaat untuk ibu menyusui. Mengutip dari sehatq.com, ada beberapa manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui. Berikut ini penjelasannya.

1. Melancarkan ASI

Kandungan quercetin di dalam daun pepaya ternyata bisa meningkatkan hormon prolaktin. Hormon tersebut yang bisa merangsang produksi ASI. Bagi ibu menyusui yang ASI-nya tidak lancar, bisa mencoba mengkonsumsi daun pepaya.

2. Merawat kulit

Saat hamil dan menyusui biasanya seorang perempuan memiliki masalah kulit seperti jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, daun pepaya ternyata bisa menjaga kesehatan kulit. Enzim papain pada daun pepaua berkhasiat untuk exfolliant dan mengangkat sel kuit mati.

Meskipun berasal dari bahan alami, namun untuk menggunakannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pastikan juga kulit Anda tidak memiliki alergi yang dipicu oleh senyawa di dalam daun pepaya.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Selepas hamil kemudian menyusui biasanya terjadi ketidakstabilan hormon. Terkadang hal tersebut menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada saluran pencernaan seperti sakit perut, sembelit, kembung, dan masalah lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanfaat daun pepaya. Kandungan serat dalam daun pepaya dipercaya bisa memberikan rasa nyaman di perut. Selain itu, senyawa papain dalam daun pepaya juga bisa mengurangi masalah pada pecernaan selama menyusui.

Efek Samping Daun Pepaya

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi berlebihan daun pepaya juga bisa menimbulkan efek samping. Mengutip dari honestdocs.id, daum pepaya bisa memberikan setidaknya dua efek samping.

1. Memicu alergi

Daun pepaya bermanfaat sebagai antiradang dan antijamur, namun ketika dikonsumsi atau digunakan berlebih bisa memberikan efek samping. Enzim papain yang ada didalamnya dapat memicu terjadinya alergi seperti mata pedas dan hidung berair.

2. Berbahaya untuk ibu hami

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa daun pepaya bisa melancarkan ASI. Namun ternyata daun pepaya tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan enzim papain pada daun perpaya berpotensi meracuni janin dan bisa menyebabkan keguguran.

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun pepaya. Walaupun kaya nutrisi dan manfaat, namun sebaiknya mengkonsumsi daun pepaya dalam jumlah yang wajar. Jika Anda mengalami masalah kesehatan setelah mengkonsumsi daun pepaya, segeralah untuk priksakan diri ke dokter.

Bagi penyintas penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun pepaya. Hal tersebut juga berlaku untuk ibu hamil dan menyusui.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait