12 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mudah dan Efektif

Cegukan merupakan gangguan pada diafragma yang membuat rasa tidak nyaman. Cara menghilangkan cegukan ternyata tidak sulit. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk meredakan cegukan.
Image title
3 November 2021, 09:35
12 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mudah dan Efektif
pixabay.com
Ilustrasi orang cegukan

Cegukan merupakan kondisi saat terjadi kejang di bagian diafragma. Banyak orang mencari cara menghilangkan cegukan. Meskipun tak berbahaya, namun kondisi ini cukup menggangu.

Cegukan terjadi ketika adanya kejang pada diagfragma yang menyebabkan udara masuk ke paru-paru secara mendadak. Kondisi tersebut menyebabkan kerongkongan menutup dengan cepat. Hal tersebut menimbulkan suara hik ketika cegukan.

Penyebab Cegukan

Cegukan atau singultus ini disebabkan oleh beberapa hal. Mengutip dari halodoc.com, berikut ini beberapa penyebab cegukan.

  1. Minuman bersuhu tinggi.
  2. Minuman bersoda.
  3. Minuman mengandung alkohol.
  4. Makanan pedas.
  5. Makan terlalu cepat.
  6. Merokok.
  7. Stres, takut, atau terlalu gembira.
  8. Perut kembung.

Untuk beberapa kasus, cegukan juga bisa disebabkan karena adanya masalah kesehatan. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan cegukan.

  • Gangguan metabolisme, antara lain hipoglikemia, hiperglikemia, dan diabetes.
  • Gangguan saraf vagus, seperti meningitis, faringitis, dan gondok.
  • Gangguan sistem saraf, misalnya cedera berat di otak, radang jaringan otak, tumor, dan stroke.
  • Gangguan pada pernapasan, antara lain penyakit pleuritis, pneumonia, dan asma.
  • Reaksi prikologi, misalnya stres, gembira, syok, takut, dan sedih.
  • Gangguan pencernaan, seperti radang usus, GERD, dan obstruksi usus.

Konsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan cegukan. Berikut beberapa obat yang menyebabkan cegukan.

  • Obat kemoterapi.
  • Obat opioid atau pereda nyeri.
  • Obat penenang untuk mengatasi gangguan kecemasan.
  • Pbat bius sebelum operasi.
  • Obat hipertensi.
  • Obat mencegah kejang.
  • Obat untuk mengurangi pembengkakan dan radang.

Cara Mengatasi Cegukan

Untuk mengurangi rasa kurang nyaman saat cegukan, ada beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Latihan pernapasan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan yakni dengan latihan pernapasan. Anda bisa berlatih pernapasan dengan menarik napas sedalam mungkin kemudian menahannya 10 – 20 detik. Lalu hebuskan secara perlahan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan lain. Misalnya dengan menarik napas 5 detik kemudian menghembuskan 5 detik. Kedua metode tersebut dipercaya bisa mengatasi cegukan.

2. Menekan bagian diafragma

Cara menghilangkan cegukan lainnya yaitu dengan menekan bagian diafragma. Cara ini dapat membantu diafragma lebih rileks. Namun jangan terlalu kerang menekan bagian diafragma karena bisa berdampak fatal.

3. Menutup hidung

Menutup hidung juga dipercata bisa menghilangkan cegukan dengan mudah. Anda bisa menutup hidung sembari minum air putih sampai gangguan tersebut hilang.

4. Bernapas dengan bantuan kantong kertas

Cara mengatasi cegukan lainnya yaitu bernapas dengan bantuan kantong kertas. Carannya dengan menempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung. Kemudian bernapas dalam kantong tersebut.

Kondisi tersebut membuat Anda harus menghirup karbon dioksida. Hal tersebut dapat membuat diafragma berkontraksi dan melemas.

Perlu diketahui cara ini hanya bisa dilakukan menggunakan kantor kertas. Jangan menggunakan kantong plastik sebab bisa menempel di mulut dan hidung saat bernapas.

5. Duduk dengan menekuk lutut

Duduk dengan memeluk lutut juga bisa menghilangkan cegukan secara alami. Caranya dengan duduk dengan posisi kaki ditekuk. Kemudian peluk lutut sembari mencondongkan badan ke depan seperti meringkuk.

Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 2menit. Posisi tersebut bisa memberikan tekanan di area diafragma. Kondisi tersebut juga bisa mengeluarkan udara yang terjebak di diafragma.

6. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Cara menghilangkan cegukan lainnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Berikut ini beberapa cara yang bisa menghilangkan cegukan dengan efektif.

  • Berkumur menggunakan air dingin.
  • Minum air putih dengan posisi membungkung.
  • Menelan satu sendok gula pasir.
  • Meneteskan sedikit cuka di mulut.
  • Minum segelas air dingin secara perlahan.
  • Minum segelas air hangat tanpa berhenti sampai habis.
  • Meletakan irisan lemon di lidah, lalu menghisap seperti permen.

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Cegukan juga bisa dirasakan oleh bayi. Saat mendapati bayi Anda mengalami cegukan, jangan panik. Sebab ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Mengutip dari halodoc.com, berikut beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi.

1. Mengubah posisi menyusui

Ketika menyusui tak jarang udara masuk ke mulut bayi. Hal tersebut bisa menyebabkan cegukan pada bayi. Cara mudah untuk menghilangkan cegukan pada bayi yaitu dengan mengubah posisi menyusui.

Namun, apabila cegukan masih belum hilang sebaiknya hentikan proses menyusui. Sebab tidak menutup kemungkingan bayi mengalami tersendak sehingga mengalami cegukan.

2. Peluk bayi

Memeluk bayi bukan hanya bentuk kasih sayang orang tua. Namun ternyata memberikan pelukan juga bisa menjadi cara untuk mengatasi cegukan pada bayi. Memeluk bayi bisa memberikan ketenangan saat bayi cegukan. Biasanya dalam beberapa menit, cegukan pada bayi bisa mereda.

3. Menempuk punggung bayi secara perlahan

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya yaitu dengan menepuk punggung bayi secara perlahan. Caranya dengan gendong bayi pada posisi seperi berdiri, telakkan kepala bayi di pundak, lalu tepuk punggung bayi dengan lembut sampai ia bersendawa.

4. Beri makan sedikit secara perlahan

Apabila bayi Anda sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI, memberikan makanan sedikit demi sedikit dapat menghilangkan cegukan pada bayi. Beri makan secara perlahan agar bayi mudah menelan dan tidak tersendak.

5. Berikan dot

Dot juga bisa membantu meredakan cegukan pada bayi. Biarkan bayi mengisap dot saat tengah cegukan. Hal tersebut dapat membantu mengendurkan diafragma dan menghentikan cegukan secara perlahan.

6. Hentikan aktivitas menyusui sejenak

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya yaitu dengan menghentikan aktivitas menyusui sejenak. Tak hanya mengehentikan menyusui, namun membantu bayi agar bersendawa juga menjadi hal yang perlu dilakukan. Dengan bersendwa maka, kelebihan gas yang menyebabkan cegukan bisa keluar. Sehingga cegukan bisa menghilang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait