12 Ikan Aquascape yang Cantik dan Mudah Dipelihara

Image title
1 Desember 2021, 11:05
12 Ikan Aquascape yang Cantik dan Mudah Dipelihara
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ikan hias dalam aquascape mini.

Aquascape adalah sebuah kesenian mengatur tanaman air, batu-batuan, kayu, dalam akuarium yang dilengkapi dengan ikan hias. Popularitas Aquascape yang terus meningkat, membuat banyak orang melihatnya sebagai peluang usaha, termasuk usaha ikan aquascape.

Jenis ikan untuk aquascape biasanya berukuran kecil dengan warna dan corak yang menarik. ada banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk aquascape. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan berikut.

Jenis Ikan Aquascape

Kehadiran ikan hias dalam aquascape membuat pemandangan semakin segar dan indah. Untuk Anda yang sedang mencari ikan untuk mengisi aquascape, berikut ini kami berikan daftarnya.

1. Dwarf Gourami

Ikan dwarf gourami bisa menjadi pilihan untuk mengisi aquascape. Ikan ini memiliki warna yang cantik dan cerah. Dwarf gourami memiliki ukuran sekitar 3 inchi. Maka dari itu, ikan hias ini cocok ditempatkan pada aquascape yang cukup besar.

Untuk merawat ikan ini, pastikan Anda memperhatikan temperatur dan pH air yang dibutuhkan ikan ini. Umumnya dwarf gourami bisa hidup di air dengan temperatur 24-27oC dngan pH berkisar 6,5 – 7,5.

2. Discus

Ikan hias aquascape selanjutnya yaitu discus. Ikan ini memiliki warna tubuh yang beragam dan cerah. Untuk merawat ikan ini, Anda perlu memperhatikan suhu airnya. Idealnya, discus hidup di air dengan temperatur 28 – 31oC.

Selain suhu air, Anda juga harus menjaga kualitas air dengan mempertahankan pH sekitar 6,5. Jika pH terlalu asam atau terlalu basa, maka ikan akan mudah stres dan cepat mati.

3. Angel Fish

Angel fish juga menjadi salah satu jenis ikan yang cocok untuk aquascape. Angel fish atau manfish merupakan ikan hias dengan bentuk unik dan indah. Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti berlian dengan warna solid.

Beberapa waran yang biasa dijumpai yaitu albino, hitam, emas, perak, marmer, zebra, koi, dan macan tutul. Angel fish memiliki sifat semi agresif dengan nafsu makan yang tinggi.

Jadi pastikan tidak menempatkan ikan kecil bersama dengan manfish. Sebab saat ikan cantik ini lapar, ia bisa memangsa ikan-ikan kecil yang ada disekelilingnya.

4. Rainbow Fish

Jenis ikan lain yang cocok ditempatkan di aquascape yaitu rainbow fish atau ikan pelangi. Seperti namanya, ikan ini memiliki warna yang beragam seperti pelangi. Uniknya, warna cerah yang dimilikinya bisa memantulkan cahaya.

Ikan hias ini memiliki karakteristik tubuh berbentuk pipih dengan dua sirip di punggung. Ukuran tubuhnya sekitar 15 cm. Mulut ikan ini juga sangat unik kaeena berbentuk mirip seperti tabung.

Advertisement

Rainbow fish termasuk ikan yang agresif. Sehingga cocok ditempatkan dengan jenis ikan seperti botia, molly, dan guffy. Ada beberapa jenis ikan pelangi yang bisa Anda pelihara, mulai dari wainbow boesemani, ballon, lacustris, dan red rainbow.

5. Ikan Tetra

Ikan untuk aquascape lainnya yang bisa Anda miliki yaitu ikan tetra. Ikan ini ternyata yang paling sering digunakan dalam aquascape sebab memiliki ukuran kecil dengan warna yang mencolok.

Sama seperti rainbow fish, ikan tetra juga banyak jenisnya. Diantaranya amber tetra, cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, dan harlequin tetra.

6. Zebra Danio

Ikan kecil lainnya yang bisa dipelihara dalam aquascape yaitu ikan zebra danio. Ikan ini memiliki ciri garis hitam sepanjang tubuhnya. Warna tubuhnya dominan merah dibagian atas dan sedikit warna putih di garisnya.

Zebra danio ini memiliki sifat aktif dan bergerak lincah. Biasanya ikan ini hidup berkelompok dan cukup ramah terhadap ikan lain. Meskipun demikian, jangan gabungkan ikan zebra danio dengan ikan bersirip panjang seperti ikan cupang atau guppy.

Sebab ikan zebra danio memiliki kebiasaan burung menyerang ikan yang siripnya panjang. Alhasil, sirip ikan yang diserang bisa terkikis bahkan sampai habis.

7. White Cloud

Ikan untuk aquascape lainnya yaitu white cloud. Ikan hias ini mempunyai corak yang cantik dan khas. Sirip ikan ini panjang dan indah sehingga cocok untuk mengisi aquascape.

Yang perlu Anda perhatikan saat hendak memelihara ikan ini yaitu suhu airnya. Sebab white cloud merupakan ikan yang hidup di suhu dingin. Jadi pastikan suhu air selalu rendah setidaknya diangka 15oC.

White cloud merupakan ikan yang terbiasa hidup berkelompok. Jadi lebih baik Anda menempatkan beberapa ikan white cloud dalam satu aquascape yang sama. Hal ini bertujuan agar ikan bisa hidup dengan baik dan tidak mudah stres.

8. Ikan Guppy

Guppy menjadi ikan Aquascape selanjutnya. Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar dengan bentuk serta warna yang indah. Ada beberapa jenis guppy yang biasanya dipelihara.

Diantaranya guppy setengah hitam, guppy dengan warna solid, guppy bicolor, guppy koi, guppy mini panda, guppy ekor top swordtail, guppy albino, guppy hitam, guppy double swordtail, dan guppy moscow.

10. Chili Rasbora

Ikan hias air tawar lainnya yang juga cocok ditempat pada Aquascape yaotu chili rasbora. Ikan ini ternyata asli dari Indonesia. Ikan ini berasal dari Kalimantan Selatan, namun saat ini sudah bisa dijumpai di berbagai daerah.

Ciri fisik ikan ini bisa dilihat dari warna dan corak tubuhnya. Chili rasbora memiliki tubuh berwarna merah cerah dengan corak oranye dan hitam di seluruh tubuhnya. Ikan aquascape ini relatif tidak agresif sehingga cukup aman ditempatkan bersama ikan hias lainnya.

11. Siamese Algae Eater

Siamese Algae Eater (SAE) merupakan ikan hias yang biasanya memakan alga. Kehadiran ikan ini dalam akuarium tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, namun juga bisa membantu membersihkan akuarium.

Ciri khusus dari ikan ini yaitu bisa dilihat dari warna dan coraknya. SAE memiliki tubuh berwarna abu pucat aatu emas dengan garis hitam dari kepala sampai ekor.

SAE biasanya berenang di bagian bawah akuarium. Mereka juga tidak agresif, namun cukup energik dan bisa berenang dengan cepat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kondisi akuarium bagian bawah.

Memberikan substrat berpasir di bagian bawah akuarium merupakan cara aman agar ikan bisa berenang tanpa dengan leluasa tanpa takut tubuhnya tergores. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman air, agar menyerupai habitat asli ikan ini.

12. Spotted Headstander

Ikan aquascape selanjutnya yaitu spotted headstander. Nama headstander diberikan sebab kepala ikan ini selalu berada di bawah. Ikan ini memilik corak yang cantik karena seluruh tubuhnya dipenuhi bercak coklat.

Ukurannya cukup kecil, panjangnya bahkan hanya sekitar 3,5 cm. Ikan ini memiliki karakter pemalu sehingga cocok diperlihara bersama ikan pendiam lain seperti tetra, pleco, corydoras, cichlid kecil.

Untuk memelihara ikan ini, Anda bisa menambahkan substrat berpasir, potongan driftwood, sesesah daun, dan tanaman mengambang untuk menambah kecantikan akuarium. Anda juga harus memperhatikan pH dan suhu air di tempat ikan tersebut hidup.

pH ideal untuk spotted headstander yaitu di angka 5 – 5,7 dengan suhu ari 20 – 28oC. Untuk urusan pakan, ikan ini termasuk kelompok omnivora atau pemakan segala jadi Anda tidak akan kesusahan mencari pahan untuk ikan hias ini. Meskipun demikian, pakan berkualitas tinggi akan membuat ikan lebih sehat dan bisa hidup lebih lama.

Itulah beberapa jenis ikan aquascape yang bisa Anda pelihara. Perhatikan seluruh syarat tumbuh ikan hias yang akan pelihara agar mereka tidak stres dan dapat bisa bertahan hidup dalam waktu lama.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait