8 Tanaman Aquascape yang Cantik dan Unik

Image title
1 Desember 2021, 15:11
8 Tanaman Aquascape yang Cantik dan Unik
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Iskandar (63), mempersiapkan tanaman untuk aquascape mini di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (13/11).

Tanaman aquascape merupakan bagian penting dalam membuat kerajinan aquascape. Tanaman yang digunakan yaitu jenis tanaman air dengan ukuran yang relatif kecil sehingga bisa di tata dengan mudah dalam akuarium.

Tanaman tersebut tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, namun juga berfungsi sebagai tempat tinggal ikan aquascape. Ada banyak jenis tanaman yang bisa menjadi hiasan akuarium. Penasaran apa saja?

Mengutip dari buku “Tanaman Hias Air Tawar: Manfaat untuk Perairan, Perbanyakan Konvensional, dan In-Vitro”, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Tanaman Aquascape

1. Mayaca fluviatilis

Mayaca fluviatilis merupakan tanaman air yang banyak digunakan untuk aquascape. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dengan daun berwarna hijau terang. Ukuran daunnya kecil dan meruncing halus.

Batang tanaman aquascape ini sangat lembut dan lentur sehingga memberikan kesan ringan dan anggun. Percabangannya cukup banyak dan dapat tumbuh dengan kuat. Pemeliharaannya mudah, Anda hanya perlu memangkas cabang jika diperlukan.

Tanaman ini butuh pencahayaan yang sederhana. Jika ditanam di akuarium, maka berikan suplay CO2 yang cukup. Untuk memperbanyak M. fluviatilis, Anda cukup memotong bagian tanaman lalu membenamkannya dalam lumpur.

2. Hottonia sp.

Tanaman air Hottonia sp. juga menarik dan indah jika diletakan dalam aquascape. Tanaman ini bisa tumbuh di dalam air dan keluar dari permukaan air tersebut.

Ciri-ciri tanaman aquascape ini yaitu daun bervariasi dan berbeda antara daun yang ada di dalam air dengan daun yang keluar dari permukaan air. Ciri lainnya yaitu memiliki akar serabut dan bunga kecil berwarna putih atau ungu.

Tanaman ini bisa dikembangbiakan dengan metode stek batang. Sehingga sangat mudah untuk Anda yang ingin melakukan budidaya tanaman air ini.

3. Cabomba sp.

Cabomba sp. bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menghias akuriaum dengan tanaman air. Tanaman ini terdapat dua jenis yaitu cabomba hijau dan merah.

Cabomba hijau merupakan tanaman air yang mudah ditemukan dan relatif mudah dipelihara. Sedangkan cabombo merah merupakan jenis tanaman cabomba yang sulit di rawat di akuarium.

Ciri khusus dari tanaman aquascape ini yaitu daun berbentuk orbicular terdiri atas lembaran daun membentuk benang, lembut, dan halus. Selain itu ada juga duan yang melebar seperti kipas.

Batang tanaman ini memanjang dengan daun lebat. Akar tanamannya berwarna putih halus dari batang. Cabomba memiliki bunga yang tumbuh dari batang dan muncul ke permukaan air.

Tanaman ini memiliki pertumbuahn yang relatif cepat dengan pertumbuhan memangjang mencapai 30 – 80 cm dan lebar 5 – 8 cm.

4. Bacopa caroliniana

Bacopa caroliniana merupaka tanaman air aquascape yang populer dan mudah dipelihara. Ciri tanaman ini yaitu daunnya tebal dan pertumbuhan relatif lambat. Batang tanamannya gemuk, berair, dan rapuh. Batang tanaman ini bisa tumbuh mencapai 10-30 cm dengan lebar 3-4 cm.

Warna tanaman ini kuning kehijauan sedangkan saat masih tunas warnanya merah muda atau tembaga coklat. Bunga tanaman ini berwarna biru dengan 5 petala yang membuat tanaman ini semakin indah.

Selain mudah tumbuh, perbanyakaan Bacopa caroliniana juga sangat mudah. Anda bisa melakukan perbanyakan dengan cara stek.

5. Egeria densa

Egeria densa merupakan tanaman air yang sudah populer sebagai tanaman akuarium. Tanaman ini mudah tumbuh dan bisa berkembang cepat di air.

Ciri-ciri tanaman aquascape ini memiliki batang yang bisa tumbuh 40-100 cm dengan lebar 2 -4 cm. tanaman ini memiliki daun paralel dengan panjang daun 1-4 cm dan lebar 2-5 mm. Bagian ujung daunnya runcing.

Bunga dari Egeria densa memiliki diameter 12-20 mm dengan tiga kelopak putih yang bulat dan lebar. Manfaat dari tanaman ini yaitu bisa menyerap banyak nutrisi dan air, sehingga mampu menekan pertumbuhan organisme lain yang tidak diinginkan.

Selain itu, tanaman ini juga bisa mengeluarkan antibiotik yang dapat mencegah pertumbuhan laga biru – hijau (sejenis bakteri). Dengan kondisi yang minim cahaya dan nutrisi tanaman ini juga tetap bisa tumbuh.

6. Rotala indica

Jenis tanaman aquascape lainnya yaitu Rotala indica. Daya tarik tanaman ini ada pada daun dan bunganya. Daun tanaman ini berwarna hijau di pucuk dan merah muda dibagian bawah. Daunnya tebal dan lunak dengan bentuk persegi panjang.

Sementara itu bunganya berwarna merah muda berukuran kecil. Batang tanaman ini lunak dengan bentuk persegi. Meskipun lunak, namun Rotala indica bisa tumbuh tegak bahkan merambat. Tanaman air ini bisa tumbuh hingga 60 cm.

Untuk memperbanyak tanaman ini, Anda bisa memotong batang tanaman utama kemudian menanam di tanah yang terendam air. Potongan tanaman bagian atas diletakan dengan hati-hati ke dalam substrat agar batang tidak hancur.

Akar tanaman akan tumbuh dalam waktu yang relatif singkat dibagian buku pertama. Seiring bertambahnya waktu daun akan mulai tumbuh dan cabang tanaman semakin banyak.

7. Myriophillum Merah

Tanaman myriophillum merah merupakan tanaman hias air dengan warna dan bentuk yang unik. Tanaman ini mempunyai daun silinder seperti bulu halus dengan warna merah sampai oranye kemerahan.

Batang tanaman ini panjangnya 10-60 cm, berbentuk silindris dengan warna merah muda. Batang tanamannya memiliki cabang. Bentuk yang unik membuat tanaman ini banyak menarik perhatian.

Tanaman ini membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi, CO2, dan nutrisi yang cukup. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan ketiga syarat tumbuh tersebut jika ingin menjadikannya sebagai tanaman aquascape.

8. Blyxa japonica

Tanaman air lainnya yang juga populer digunakan sebagai tanaman aquascape yaitu Blyxa japonica. Tanaman ini memiliki batang pendek dengan daun berwarna hijau. Jika kandungan fosfat di habitatnya tinggi, maka tanaman ini bisa menghasilkan bunga putih berukuran kecil di ujung tangkainya.

Apabila intensitas cahayanya rendah, tanaman ini bisa tumbuh lebih tinggi dan lebih hijau. Akarnya bisa tumbuh cukup besar apabila nutrisinya tercukupi.

Habitat asli dari Blyxa japonica ada di sawah. Namun saat ini sudah banyak orang yang membudidayakannya. Cara perbanyakannya cukup mudah, Anda bisa langsung memotong anakannya lalu menanam di substrat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.  

Itulah beberapa tanaman aquascape yang bisa Anda pelihara. Kehadiran tanaman tersebut akan membuat akuarium Anda lebih hijau dan indah.

Anda juga bisa menanam beberapa jenis tanaman di satu tempat yang sama, dengan syarat harus mengatur jarak tanam dari masing-masing tanaman tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait