8 Tanaman Aquascape yang Cantik dan Unik

Siti Nur Aeni
1 Desember 2021, 15:11
8 Tanaman Aquascape yang Cantik dan Unik
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Iskandar (63), mempersiapkan tanaman untuk aquascape mini di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (13/11).

Tanaman aquascape merupakan bagian penting dalam membuat kerajinan aquascape. Tanaman yang digunakan yaitu jenis tanaman air dengan ukuran yang relatif kecil sehingga bisa di tata dengan mudah dalam akuarium.

Tanaman tersebut tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, namun juga berfungsi sebagai tempat tinggal ikan aquascape. Ada banyak jenis tanaman yang bisa menjadi hiasan akuarium. Penasaran apa saja?

Mengutip dari buku “Tanaman Hias Air Tawar: Manfaat untuk Perairan, Perbanyakan Konvensional, dan In-Vitro”, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Tanaman Aquascape

1. Mayaca fluviatilis

Mayaca fluviatilis merupakan tanaman air yang banyak digunakan untuk aquascape. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dengan daun berwarna hijau terang. Ukuran daunnya kecil dan meruncing halus.

Batang tanaman aquascape ini sangat lembut dan lentur sehingga memberikan kesan ringan dan anggun. Percabangannya cukup banyak dan dapat tumbuh dengan kuat. Pemeliharaannya mudah, Anda hanya perlu memangkas cabang jika diperlukan.

Tanaman ini butuh pencahayaan yang sederhana. Jika ditanam di akuarium, maka berikan suplay CO2 yang cukup. Untuk memperbanyak M. fluviatilis, Anda cukup memotong bagian tanaman lalu membenamkannya dalam lumpur.

2. Hottonia sp.

Tanaman air Hottonia sp. juga menarik dan indah jika diletakan dalam aquascape. Tanaman ini bisa tumbuh di dalam air dan keluar dari permukaan air tersebut.

Ciri-ciri tanaman aquascape ini yaitu daun bervariasi dan berbeda antara daun yang ada di dalam air dengan daun yang keluar dari permukaan air. Ciri lainnya yaitu memiliki akar serabut dan bunga kecil berwarna putih atau ungu.

Tanaman ini bisa dikembangbiakan dengan metode stek batang. Sehingga sangat mudah untuk Anda yang ingin melakukan budidaya tanaman air ini.

3. Cabomba sp.

Cabomba sp. bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menghias akuriaum dengan tanaman air. Tanaman ini terdapat dua jenis yaitu cabomba hijau dan merah.

Cabomba hijau merupakan tanaman air yang mudah ditemukan dan relatif mudah dipelihara. Sedangkan cabombo merah merupakan jenis tanaman cabomba yang sulit di rawat di akuarium.

Ciri khusus dari tanaman aquascape ini yaitu daun berbentuk orbicular terdiri atas lembaran daun membentuk benang, lembut, dan halus. Selain itu ada juga duan yang melebar seperti kipas.

Batang tanaman ini memanjang dengan daun lebat. Akar tanamannya berwarna putih halus dari batang. Cabomba memiliki bunga yang tumbuh dari batang dan muncul ke permukaan air.

Tanaman ini memiliki pertumbuahn yang relatif cepat dengan pertumbuhan memangjang mencapai 30 – 80 cm dan lebar 5 – 8 cm.

4. Bacopa caroliniana

Bacopa caroliniana merupaka tanaman air aquascape yang populer dan mudah dipelihara. Ciri tanaman ini yaitu daunnya tebal dan pertumbuhan relatif lambat. Batang tanamannya gemuk, berair, dan rapuh. Batang tanaman ini bisa tumbuh mencapai 10-30 cm dengan lebar 3-4 cm.

Warna tanaman ini kuning kehijauan sedangkan saat masih tunas warnanya merah muda atau tembaga coklat. Bunga tanaman ini berwarna biru dengan 5 petala yang membuat tanaman ini semakin indah.

Selain mudah tumbuh, perbanyakaan Bacopa caroliniana juga sangat mudah. Anda bisa melakukan perbanyakan dengan cara stek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement