6 Tumbuhan Tunas Adventif yang Banyak Tumbuh di Lingkungan Sekitar

Siti Nur Aeni
22 Desember 2021, 15:14
6 Tumbuhan Tunas Adventif yang Banyak Tumbuh di Lingkungan Sekitar
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Tumbuhan eceng gondok di Waduk Cengklik, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (11/5/2020). Selain dapat menghambat irigasi pertanian, eceng gondok dalam jumlah besar juga dapat mengakibatkan pendangkalan.

Tunas adventif merupakan bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk perkembangbiakan vegetatif. Secara umum tunas merupakan bagian tumbuhan yang biasanya ada di samping tanaman induk. Tanaman induk beserta dengan tunas tersebut nantinya akan membentuk rumpun.

Pada beberapa jenis tanaman, tunas biasanya tumbuh di tepi daun atau akar. Dalam buku “IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 3A”, tunas liar atau tunas adventif adalah tunas yang tidak tumbuh di ujung batang maupun di ketiak daun.

Tunas ini juga bisa digunakan untuk alat perkembangbiakan vegetatif. Nantinya tunas adventif akan tumbuh menjadi individu baru.

Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas Adventif

Perlu diketahui bahwa tidak semua tumbuhan memiliki tunas liar. Namun beberapa tumbuhan berikut ini diketahui memiliki tunas adventif untuk berkembang biak.

1. Cocor Bebek

Tumbuhan tunas adventif yang pertama yaitu cocor bebek. Tanaman dengan nama latin Kalanchoe pinnata ini biasanya berkembang biak dengan menggunakan daun.

Saat Anda hendak menanam cocor bebek, cukup ambil daun kemudian letakan di atas tanah. Tunggu beberapa waktu sampai dari daun tersebut muncul akar dan menjadi individu baru.

Cocor bebek biasanya menjadi tanaman hias. Namun ternyata, tumbuhan dengan tunas liar ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Menurut penjelasan di sehatq.com, cocor bebek diketahui bisa mengobati diabetes, menurunkan kolesterol, mengatasi infeksi jamur, mencegah peradangan, mengobati luka, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

2. Lidah Buaya

Contoh tunas adventif juga bisa dilihat pada tanaman lidah buaya. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Aloe vera ini merupakan tumbuhan sukulen yang biasanya hidup di daerah kering. Dalam jurnal Agros 16(2), diterangkan bahwa lidah buaya diketahui berkembang biak dengan anakan dan bisa hidup bertahun-tahun.

Tanaman ini  banyak dimanfaatkan untuk kesehatan maupun kecantikan. Menurut penjelasan di alodokter.com, lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, menghilangkan jerawat, menyembuhkan luka, meredakan gatal, hingga menurunkan gula darah.

3. Cemara

Cemara juga merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan tunas adventif. Cemara menjadi salah satu tumbuhan yang unik dan banyak jenisnya. Beberapa jenis cemara antara lain cemara kipas, norfolk, cemara pensil, cemara laut, dan cemara perak.

Pohon ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Salah satunya yaitu untuk melindungi tanaman lain dari angin. Di berbagai tempat, cemara biasanya ditanam di sekitar lahan palawija. Tujuannya agar tanaman budidaya tersebut terlindungi dari hujan dan angin kencang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...