10 Struktur Kloroplas Lengkap dengan Fungsinya

Siti Nur Aeni
31 Desember 2021, 13:26
Ilustrasi kloroplas pada tumbuhan
pixabay.com
Ilustrasi kloroplas pada tumbuhan

Kloroplas adalah bagian plastida yang mengandung materi genetik berupa DNA dan RNA. Menurut penjelasan di buku “Biologi Jl. 1 Ed. 5”, kloroplas diketahui mengandung banyak pigmen yang dapat membuat buah dan bunga memiliki banyak corak.

Koroplas juga memiliki klorofil pigmen hijau yang bersama dengan enzim dan molekul lain berguna untuk fotosintesis. Organel ini memiliki bentuk seperti lensa dengan ukuran 2 x 5 µm. Organel ini biasanya banyak dijumpai dalam daun serta organ lain pada tumbuhan hijau dan alga eukariotik.

Struktrur Kloroplas

Kloroplas diketahui tersusun atas beberapa karbohidrat, lemak, protein, klorofil, karotenoid, DNA, dan RNA. Adapun bagian-bagian dari kloroplas seperti berikut.

1. Ruang Antar Membran

Dalam buku “Cerdas Belajar Biologi untuk Kelas XI” diterangkan bahwa kloroplas memiliki dua unit membran seperti mitokondria. Setiap uninya bersifat trilaminar (terdiri dari tiga lapisan) yang diantaranya terdapat ruang intermembran.

Ruang antar membran ini berguna untuk memisahkan membran luas dan dalam. Ukuran membran ini kurang lebih 10 cm.

2. Membran Bagian Luar

Struktur kloroplas yang kedua yaitu membran bagian luas. Komponen ini berfungsi untuk mengatur keluar masuk bahan padat atau cair pada membran tersebut.

3. Membran Bagian Dalam

Bagian dari kloroplas yang ketiga yaitu membran bagian dalam. Bagian ini sering disebut juga sebagai membran utama. Fungsinya untuk membatasi stroma dan sitosol

4. Tilakoid

Tilakoid adalah sistem membran yang tersusun dari kantung pipih. Tilakodi berfungsi sebagai tempat reaksi terang. Struktur kloroplas ini juga bertugas untuk menangkap matahari dalam proses fotosintesis.

Dalam buku “Biologi Jl. 1 Ed. 5”, dijelaskan bahwa tilakoid membagi kloroplas menjadi dua bagian yaitu ruang tilakoid dan stroma.

5. Stroma

Stroma adalah cairan yang ada di luar tilakoid. Bagian ini berfungsi sebagai tempat reaksi gelap dan untuk menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk pati.

6. Grana

Grana merupakan tumpukan tilakoid yang membentuk struktur. Karena merupakan tumpukan tilakoid, maka bagian ini juga berfungsi sebagai tempat reaksi terang.

7. Ribosom

Ribosom adalah tempat untuk sel membuat protein. Mengutip dari sehatq.com, fungsi ribosom pada sel tumbuhan maupun makhluk hidup lain yaitu untuk membuat protein dan melakukan sintesis protein dalam sel. Sel perlu di produksi agar bisa mempercepat proses biologis.

Setiap ribosom tersusun dari RNA dan protein. Ribosom terdiri dari dua sub unit RNA-protein, yaitu sub unit besar dan kecil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...