Fungsi Batang Bagi Tumbuhan Lengkap dengan Struktur Anatominya

Siti Nur Aeni
5 Januari 2022, 11:10
Fungsi Batang Bagi Tumbuhan Lengkap dengan Struktur Anatominya
http://disbun.jabarprov.go.id
Tanaman Jarak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

Sebagai organ pada tumbuhan, fungsi batang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Batang adalah bagian tumbuhan yang sering disebut sebagai sumbu tubuh tumbuhan. Umumnya, batang terletak di atas tanah walaupun ada juga batang yang berada di dalam tanah.

Menurut penjelasan di pustaka.ut.ac.id, tumbuhan dikotil umumnya memiliki batang bawah lebih besar dibandingkan batang bagian atas. Sebaliknya, pada tumbuhan monokotil, memiliki batang dari pangkal sampai ujung yang ukurannya relatif sama.

Umumnya, batang pada tumbuhan memiliki bentuk bulat, bersegi, pipih dengan permukaan batang licin, beralur bentuk bersayap, berambut, dan berduri. Batang tumbuh ke arah datangnya matahari, namun ada beberapa variasi arah seperti tegak lurus, menggantung, menyulur berbaring, merunduk, memanjat, dan lain sebagainya.

Batang tumbuhan ada yang bercabang namun ada juga yang tidak bercabang. Cara percabangan batang dibedakan menjadi percabangan monopodial, simpodial, dan dikotomi. Cabang yang besar dan langsung keluar dari batang disebut dahan sedangkan cabang lebih kecil disebut ranting.

Struktur Batang Tumbuhan

Untuk menunjang fungsi dari batang, maka organ tumbuhan ini memiliki struktur dengan peran yang berbeda. Mengutip dari simdos.unud.ac.id, berikut penjelasan tentang anatomi batang.

1. Epidermis dan Derivatnya

Jaringan epidermis terdiri dari selapis sel yang bentuknya persegi dan dilapisi kutikula. Sel ini banyak dijumpai pada batang muda dan jika rusak, maka fungsi organ batang ini digantikan oleh periderm (hypodermis).

Pada batang yang memiliki kemampuan fotosintesis biasanya memiliki stomata yang akan berkembang menjadi lenti sel. Sedangkan pada batang yang muda dijumpai trikoma. Pada batang juga dijumpai sel slica dan gabus.

2. Kortek

Struktur anatomi tumbuhan yang kedua yaitu kortek. Bagian batang ini tersusun dari jaringan parenkim yang merupakan jaringan dasar. Dibagian pinggir terkadang ada kolenkim yang berkelompok atau membentuk lingkaran tertutup.

Jaringan sklerenkim dapat berupa serabut berkelompok dan skelerida yang soliter. Sel kortek berisi tepung, kristal, atau zat lain. pada kortek juga dijumpai idioblas yang berupa sel minyak, ruang lender, sel lender, sel kristal, kelenjar minyak sel hars, saluran gom, dan saluran lender.

Bagian kortek paling dalam dikenal juga dengan nama endodermis yang membentuk lingkatan dan berisi tepung. Endodermis tidak akan terlihat pada batang yang sudah tua sebab bagian ini akan rusak atau mati dan digantikan jaringan lain.

3. Stele

Stele adalah daerah paling dalam dari endodermis yang tersusun oleh perikambium, parenkim, dan berkas vaskuler yang terdiri dari xilem dan floem.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...