Ulasan Tentang Tumbuhan Dikotil dari Ciri sampai Contohnya

Siti Nur Aeni
21 Desember 2021, 11:41
Ulasan Tentang Tumbuhan Dikotil dari Ciri sampai Contohnya
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/rwa.
Tanaman cabai merupakan tanaman dikotil dari famili solanaceae

Tumbuhan dikotil atau dicotyledonae adalah tumbuhan angiospermae yang mempunyai biji dengan dua daun lembaga. Kelompok tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan tumbuhan berkeping dua.

Tanaman dari kelompok ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan, obat, rempah, hingga bahan baku industri. Tanaman dikotil mempunyai ciri khusus dan terbagi menjadi beberapa famili. Agar lebih memahami tentang tanaman dikotil, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil

Tanaman dikotil memiliki ciri khusus yang berbeda dengan tumbuhan monokotil, Mengutip dari “Biologi Interaktif SMA/MA – Kelas X”, berikut ini beberapa ciri tumbuhan berkeping dua:

  1. Mempunyai biji berlembaga berjumlah dua daun lembaga.
  2. Ketika berkecambah, biji tanaman ini akan membelah menjadi dua.
  3. Mempunyai akar tunggang dan berkambium.
  4. Bagian ujung akar tidak memiliki pelindung.
  5. Batang dikotil bercabang, jelas, dan berkambium sehingga cepat besar.
  6. Daun tunggal dan majemuk dengan tulang daun menyirip atau menjari.
  7. Bunga berkelipatan 2, 4, atau 5.

Struktur Tumbuhan Dikotil

Sebagai bagian dari kingdom plantae, tanaman berkeping dua juga tersusun atas organ pokok. Melansir dari “Biologi SMA dan MA Jilid 2”, berikut penjelasan tiga bagian pokok organ tumbuhan.

1. Akar

Akar adalah bagian tanaman yang ada dalam tanah biasanya berwarna putih dan bentuknya meruncing. Bentuk ini memudahkan akar agar bisa menembus tanah.

Fungsi akar bagi tumbuhan yaitu untuk memperkuat tumbuhan berdiri, menyerap air dan unsur hara, dan tempat menyimpan makanan. Bentuk akar setiap tanaman berbeda tergantung jenis tanamannya.

Pada tanaman dikotil, akar berbentuk tunggang. Akar dikotil memiliki akar lembaga atau calon akar yang akan terus tumbuh dan menjadi akar pokok yang bercabang.

2. Batang

Batang adalah bagian tumbuhan yang ada di permukaan tanah. Batang berfungsi untuk mendukung bagian tumbuhan lainnya yang ada di atas tanah. Dengan adanya percabangan pada batang, maka bidang fotosintesis akan semakin luas.

Batang dikotil tersusun oleh tiga lapisan yaitu epidermis, korteks, dan stele.

a. Epidermis

Epidermis pada tanaman dikotil merupakan lapisan sel pipih yang tersusun rapat. Fungsi bagian ini yaitu untuk melindungi jaringan dalam batang setelah batang mengalami pertumbuhan sekunder.

Di tempat tertentu, epidermis pecah dan diisi jaringan gabung yang dihasilkan oleh kambium gabus. Lapisan ini disebut lentisel yang fungsinya untuk tempat pertukaran gas dan penguapan.

b. Korteks

Korteks dikotil merupakan jaringan yang disusun atas sel parenkim sebagai jaringan dasar. Korteks batang tanaman ini terdiri atas korteks luas dan dalam.

Korteks luas terbentuk atas sel kolenkim berkelompok atau sel kolenkim yang berselang seling dengan sel parenkim yang membentuk lingkaran tertutup. Sementara itu, korteks dalam terusun dari sel parenkim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...