Perjalanan Hidup Penemu Lampu yang Gigih dan Pekerja Keras

Siti Nur Aeni
10 Januari 2022, 15:50
Thomas Alva Edison, Penemu Lampu yang Gigih dan Pekerja Keras
pixabay.com
Ilustrasi bola lampu yang ditemukan Thomas Alva Edison

Lampu merupakan benda yang fungsinya untuk memberikan penerangan. Benda ini mempermudah kira beraktivitas di malam hari ataupun di siang hari saat sinar matahri sedang tidak cerah. Kegunaan lampu yang teramat besar tidak lepas dari peran penemunya. Lantas siapakah penemu lampu? Termukan jawabannya diulasan berikut ini.

Biografi Penemu Lampu

Lampu pijar ditemukan oleh seorang peneliti asal Amerika Serikat bernama Thomas Alva Edison. Mengutip dari gramedia.com, Thomas Alva Edison lahir di kola Milan Ohio, Amerika Serikat pada 11 Februarti 1841. Ia merupakan anak bungsa dari tujuh bersaudara.

Edison lahir dari keluarga yang sederhana. Ia juga lahir dengan kekurangan pada indra pendengarannya. Meskipun demikian, sang ibu tetap mencintainya dengan merawat putra kesayangannya sepenuh hari.

Masalah pendengaran sudah ia alami sejak usianya menginjak 12 akibat dari demam yang pernah dideritanya. Meskipun memiliki kekurangan, namun Thomas Alva Edison termasuk anak yang cerdas. Ia bahkan memiliki kegemaran membaca buku, terutama buku tentang ilmu mesin. Baginya ilmi mesin memiliki daya tarik tersendiri sebab ia sadar bahwa mesin akan selalu berkembang dari masa ke masa.

Meskipun memiliki ketertarikan belajar yang tinggi, sayangnya kondisi ekonomi keluarga yang sederhana memaksa ia untuk berhenti melanjutkan pendidikannya. Putus sekolah tidak membuatnya berhenti belajar. Ia tetap mencari ilmu dari berbagai tempat, termasuk dari buku-buku yang dibacanya.

Selain belajar, masa muda Edison juga ia gunakan untuk membantu perekonomian keluarga. Ia berjualan koran dan permen di stasiun demi memperoleh penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pekerjaan Thomas Alva Edision

Masih mengutip dari gramedia.com, diterangkan bahwa Thomas Alva Edison pernah menjadi operator telegraf. Di tempatnya bekerja, Edison tidak hanya menjalankan tugasnya sebagai pegawai, ia juga memanfaatkan pekerjaannya sebagai tempat untuk belajar.

Selama bekerja sebagai perator, ia megalami cara kerja mesin telegraf dengan detail. Ia juga selalu mengupayakan yang terbaik untuk dirinya dan perusahaan tersebut. Sikap gigih, ulet, dan profesional membuat Edison akhirnya diangkat sebagai kepala mesin telegraf.

Membuat Mesin Telegraf yang Berbeda

Pekerjaannya di perusahaan telegraf membuatnya memahami cara kerja dari telegraf. Kemudian ia merasa tertatik untuk mengembangkan mesin tersebut. Edison kemudian melakukan serangkaian penelitian hingga akhirnya menemukan mesin telegraf yang lebih canggih dibandingkan mesin sejenisnya.

Dari sinilah muncul keinginan untuk bekerja di perusahaan sendiri yang bisa membuatnya lebih berkembang. Ia kemudian memutuskan untuk membuat perusahaan telegraf. Dengan kerja kerasnya, ia bisa cepat mengembangkan perusahaan tersebut dan mendapat banyak keuntungan.

Hasil dari perusahaan tersebut kemudian dia jadikan modal untuk membuat perusahaan baru. Selain itu, Edison juga melakukan beragam percobaan untuk mendapatkan penemuan baru yang bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...