Mengenal Dua Tokoh Penemu Telepon yang Inspiratif

Siti Nur Aeni
10 Januari 2022, 09:43
Mengenal Dua Tokoh Penemu Telepon yang Inspiratif
pixabay.com
Ilustrasi telepon yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell

Nampaknya kita harus berterima kasih kepada penemu telepon. Sebab berkat ide cemerlang yang ditorehkannya, kini kita bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa takut terkendala jarak dan waktu.

Penemuan telepon menjadi prestasi yang besar bagi sejarah perkembangan telekomunikasi. Telepon merupakan tali penghubung yang membuat interaksi antar manusia semakin mudah.

Di awal penemuannya, telepon merupakan alat komunikasi yang sederhana. Hingga akhirnya kini berkembang menjadi telepon genggam yang memiliki banyak fungsi. Lantas sebenarnya siapa penemu telepon? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Tokoh Penemu Telepon

Kita mungkin sudah sering mendengar bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Pernyataan tersebut memang benar. Namun ternyata, selain Graham Bell masih ada penemu telepon lain. Berikut daftar tokoh yang berhasil menemukan telepon.

1. Antonio Santi Giuseppe Meucci

Tokoh penemu telepon selain Graham Bell yaitu Antonio Santi Giuseppe Meucci. Dalam buku “100 Ilmuan & Penemu Terpopuler di Dunia”, dijelaskan bahwa Antonio merupakan penemu telepon sebelum Alexander Graham Bell.

Ia merupakan penemu asal Italia yang pernah tinggal di Kuba sebelum akhirnya pindah ke Amerika Serikat. Uniknya, Antonio Meucci ternyata seorang seniman yang kebetulan senang meneliti segala hal yang berhubungan dengan listrik.

Mengutip dari gramedia.com, disebutkan bahwa Antonio merupakan lulusan Akademi Kesenian Firenze. Dalam hidupnya, ia diketahui pernah bekerja di beberapa perusahaan.

Sebelum bermigrasi bersama istrinya, ia pernah bekerja di Perusahaan Teatro della Pergola sampai tahun 1835. Kemudian berhenti bekerja dari perusahaan tersebut dan melanjutkan karirnya di Teatro Tacon in Havana, Kuba.

Setelah bermigrasi, Antonio melakukan berbagai penelitian terhadap hal baru. Sudah banyak hal-hal yang ia coba. Ia merupakan sosok yang tidak mudah putus asa, sehingga semangatnya untuk menemukan hal baru tidak pernah hilang.

Jauh sebelum berhasil menemukan telepon, Antonio ternyata sudah mulai mengembangkan sebuah energi listrik. Pada saat itu, ia berhasil mengembangkan setrum listrik. Alat setrum listrik yang dikembangkannya diketahui dapat digunakan untuk meringankan bahkan menyembuhkan penyakit.

Penemuan setrum listrik tersebut banyak disukai orang dan membuat nama Antonio Meucci banyak dikenal. Tak berhenti sampai disitu, Antonio mulai melakukan beragam penelitian lain.

Ia kemudian mencoba meneliti alat yang bisa membuat manusia saling berkomunikasi meskipun jaraknya tidak berdekatan. Sayangnya dalam masa percobaannya, ia harus pindah dari Staten Island, New York pada tahun 1850.

Kepindahannya membuat hidupnya tidak terlalu menyenangkan karena ia jatuh miskin. Sebagai peneliti yang gigih, kondisi ekonomi tidak membuat Antonio menyerah. Ia tetap melanjutkan penelitiannya untuk menemukan alat komunikasi jarak jauh itu.

Tak hanya kehilangan harta bendanya, Antonio juga diketahui menderita penyakit keras. Sehingga memaksanya untuk menjual barang-barang pribadi demi memenuhi kebutuhan hidup dan pengobatannya.

Dengan segala kesulitan yang dialaminya Antonio berhasil sembuh dari penyakitnya. Ia kembali bekerja untuk menyelesaikan projek penelitiannya. Hingga akhirnya pada tahun 1849, ia berhasil menyelesaikan penelitiannya daa menemukan telepon untuk pertama kalinya.

Ia kemudian mematenkan penemuannya pada tahun 1871 atau 20 tahun setelah penelitian tersebut berhasil diselesaikan. Sayangnya, Antonio hanya bisa membayar hak patennya selama satu tahun.

Antonio tidak menyerah, ia akhirnya mulai memperkenalkan hasil temuannya kepada sebuah perusahaan telegraf. Perusahaan telegraf yang kemudian menjadi tempat Antonio memperkenalkan karyanya yaitu perusahaan telegraf Western Union.

Akan tetapi, Antonio tidak pernah bisa bertemu dengan wakil ketua perusahaan tersebut. Setiap kali ingin bertemu, wakil ketua itu selalu mengatakan dirinya sibuk. Hingga dua tahun setelahnya, penemuan telepon Antonio dinyatakan hilang.

Mendengar berita tersebut, ia merasa terpukul dan merasa perjuangannya sia-sia. Tanpa pernah diduga kemudian muncul penemu telepon lainnya yaitu Alexander Graham Bell. Mendapati kabar tersebut, Antonio kemudian menyewa pengacara untuk melakukan protes terhadap Kantor Paten Amerikat Serikat.

Sayangnya, usaha Antonio gagal dan terpaksa mengakui kekalahannya dalam persidangan. Hal lain yang lebih mengejutkan yaitu, ternyata Graham Bell telah melakukan perjanjian dengan perusahaan telegraf Westren Union. Perjanjian tersebut berisi setiap 20% keuntungan dari penjualan telepon akan diberikan kepada Western Union.

Antonio merasa dikhianati oleh Westren Union. Perjuangannya berakhir pada 18 Oktober 1889 saat ia dinyatakan meninggal dunia di usia 81 tahun.   

2. Alexander Graham Bell

Penemu telepon yang kedua yaitu Alexander Graham Bell. Dalam buku "105 Tokoh Penemu dan Perintis Dunia", dijelaskan bahwa ia lahir pada tahun 1847 di Edinburg, Skotlandia. Sebenarnya Graham Bell tidak mendapat pendidikan formal, namun ia rajin belajar mandiri dan diajarkan oleh keluarganya.

Graham Bell memiliki ketertarikan pada produksi suara vokal karena ayahnya merupakan ahli dalam bidang fisiologi vokal, memperbaiki pidato, dan mengajar orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...