Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia, B.J. Habibie Salah Satunya

IQ sering dikaitkan dengan kecerdasan seseorang. Ada beberapa orang yang terkenal memiliki IQ tertinggi di Indonesia, B.J. Habibie menjadi salah satunya.
Image title
20 Januari 2022, 19:54
Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia, B.J. Habibie Salah Satunya
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara.

IQ atau Intelligence quotient merupakan alat pengukur kecerdasan pada makhluk hidup. IQ yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Di negara kita, ada beberapa orang yang memiliki IQ tertinggi di Indonesia.

Masyarakat Indonesia dengan tingkat kecerdasan tinggi ini umumnya memiliki pendidikan yang tinggi. Sebagian besar bahkan lulusan luas negeri dan bergelar profesor. Siapa sajakah mereka? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia

1. Prof. Dr. -Ing. Dr. Sc. HC. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie

Kita pasti sudah tidak asing dengan nama Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke tiga Republik Indonesia sudah sejak dahulu dikenal sebagai orang dengan IQ tertinggi di Indonesia. B.J. Habibie merupakan putra bangsa yang lahir di Parepare pada 25 Juni 1936.

B.J. Habibie berhasil mendapatkan gelar insinyur diploma dengan predikat cumlaude di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara, setelah lima tahun kuliah di negeri orang.

Advertisement

Sebagai lulusan terbaik, karir B.J. Habibie memiliki karir yang cemerlang. Berikut deretan posisi penting yang pernah diduduki B.J. Habibie sebelum kembali ke tanah air.

  • Kepala Riset dan Pembangunan Analisa Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg Jerman pada tahun 1965-1969.
  • Kepala Metode dan Teknologi Divis Pesawat Terbang Komersial dan Militer MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen tahun 1969-1973.
  • Wakil Presiden dan Direktur Teknologi MBB Gmbh Hamburg dan Munchen tahun 1973-1978.
  • Penasehat teknologi senior untuk Direktur MBB bidang luar negeri tahun 1978.

Sebagai putra bangsa, B.J. Habibie memiliki keinginan untuk membangun negeri. Beliau akhirnya kembali ke tanah air dan memulai karirnya sebagai Penasihat Pemerintah Indonesia bidang teknologi tinggi dan teknologi peswat terbang. Hingga akhirnya, B.J. Habibie berhasil menjadi Presiden ke tiga RI.

Sudah banyak medali dan penghargaan nasional maupun internasional yang sudah didapatkannya. Ssalah satu penghargaan terbaik yang pernah diraihnya yaitu Grand Officer De La Legium D’Honour.

Penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah Perancis atas kontribusi dan dedikasinya dalam industri di Indonesia. Selain itu, masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lain yang diperoleh B.J. Habibie.

2. Profesor Neson Tansu Ph.D

Orang dengan IQ tertinggi di Indonesia selanjutnya yaitu Prof. Neson Tansu, Ph.D. Putera bangsa kelahiran 1977 ini ternyata berhasil memperoleh 11 penghargaan dan memiliki tiga paten atas penemuannya.

Nelson Tensu berhasil memperoleh gelar Ph.D di Universitas of Wisconsin, Medison saat usianya baru menginjak 25 tahun. Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan gelar profesor di Lehigh University, Pensilvania serta menjadi pengajar S2 dan S3 hingga menjadi post doctoral Depatemen Teknik Elektro dan Komputer.

Sebagai orang jenius di Indonesia, Nelson fokus pada bidang penelitian semikonduktor berstruktur nano. Teknologi ini adalah kunci untuk pengembangan sains dan rekayasa masa depan. Neslon bisa membuat sinar laser dengan listrik yang sangat hemat. Sinar leser yang biasanya memiliki daya 100 watt, namun ia bisa membuatnya menjadi 1,5 watt saja.

Hingga saat ini, ia rutin merekrut mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Lehigh University. Ia memiliki keinginan pulang ke Indonesia dan menjadikan perguruan tinggi di Indonesia sebagai universitas terbaik di Asia.

3. Profesor Dr. Khoirul Anwar

Masyarakat di Indonesia dengan IQ tertinggi lainnya yaitu Prof. Dr Khoirul Anwar. Ia merupakan penemu teknologi jaringan 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Pria yang lahir pada 22 Agustus 1978 pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Dari ITB ia berhasil lulus dengan predikat cumlaude serta menjadi wisudawan terbaik Fakultas Teknologi Industri.

Setelah lulus S1, ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST).

4. Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto

Ken Kawan Soetanto merupakan pria kelahiran 1951 yang juga menjadi orang dengan IQ tertinggi di Indonesia. Ia memiliki 31 paten untuk penemuannya di bidang interdisipliner ilmu elektronika, kedokteran, serta famasi.

Dalam perjalanan karirnya, Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto ini pernah menajdi Direktur Clinical Education anda Science Research Institute (CERSI) sekaligus profesor di Drexel University dan School Medicine at Thomas Jefferson University, Philadelphia, Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga pernah menjadi profesor di Biomedical Engineering, Program University of Yokohama. Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto ini memiliki metode mengajar unik dan khsusus yang dikenal dengan sebutan “Metode Soetanto” atau “Efek Soetanto”.

Itulah nama orang dengan IQ tertinggi di Indonesia. Selain keempat nama tersebut, mungkin masih ada masyarakat Indonesia dengan kecerdasan rata-rata yang prestasinya tidak kalah cemerlang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait