Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi dan Manfaatnya

Siti Nur Aeni
2 Maret 2022, 07:37
Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi dan Manfaatnya
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Pasien COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Pusat mengumumkan per Selasa (26/1) pukul 15.55 WIB, terdapat penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 13.094 orang sehingga total telah mencapai 1.012.350 kasus di Indonesia.

Kita semua mungkin sepakat bahwa menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya di saat pandemi seperti saat ini, risiko jatuh sakit lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa. Siapa saja bisa terulis virus corona, oleh sebab itu langkah sederhana yang bisa kita lakukan agar terhindari virus berbahaya itu yakni dengan menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar.

Contoh Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Cara mempertahankan daya tahan tubuh yaitu dengan menjaga pola hidup sehat setiap hari. Mengutip dati halodoc.com, berikut beberapa cara penerapan gaya hidup sehat di kala pandemi.

1. Menjaga asupan makanan

Setiap makhluk hidup pasti memerlukan makanan. Dengan mencukupi kebutuhan makanan maka tubuh menjadi berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus mengandung beragam nutrisi yang diperlukan.

Makanan sehat seperti buah san sayur bisa menjadi pilihan. Selain itu, kita juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, dan nutrisi penting lainnya. Dengan menjaga asupan makanan sehat, maka daya tahan tubuh dan kesehatan mental menjadi lebih terjaga.

2. Menyusun kebiasaan baik untuk gaya hidup sehat

Merencana kebiasaan baik ternyata bisa membantu penerapan hidup sehat lebih mudah. Bagi Anda yang ingin beralih ke gaya hidup sehat, tak ada salahnya untuk mulai menyusun rencana baik. Misalnya membuat daftar makanan yang akan dikonsumsi, membuat jadwal olahraga, dan rencana lain yang bisa menunjang kebiasaan hidup sehat.

3. Mencukupi kebutuhan air harian

Air putih sangat diperlukan tubuh untuk menjaga metabolisme dan memelihara kesehatan. Maka dari itu, kita perlu memastikan kebutuhan air terpenuhi. Sebuah studi melaporkan bahwa manfaat air putih bisa membantu berpikir lebih jernih, melancarkan pencernaan, dan mempertahankan energi.

Kebutuhan air putih setiap orang ternyata berbeda-beda. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, dijelaskan bahwa konsumsi air putih untuk anak-anak usia 7 – 9 tahun yatu 1.900 ml per hari, remaja usia 16 – 18 tahun membutuhan air 2.200 ml per hari, dan orang dewasa rentang usia 30 - 49 tahun membutuhkan air sekitar 2.600 ml per hari.

4. Membiasakan diri untuk rutin berolahraga

Contoh pola hidup sehat di masa pandemi berikutnya yaitu dengan selalu membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Aktivitas fisik ini sangat bermanfaat untuk tubuh karena bisa membantu melepaskan endorfin dan membuat kita merasa lebih bahagia.

Di saat pandemi seperti saat ini, kita bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah antara lain knee to elbow, plank, squat, hingga meditasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...