Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi dan Manfaatnya

Menjaga pola hidup sehat di masa pandemi sangatlah penting. Berikut ini beberapa cara penerapan gaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Image title
2 Maret 2022, 07:37
Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi dan Manfaatnya
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Pasien COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Pusat mengumumkan per Selasa (26/1) pukul 15.55 WIB, terdapat penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 13.094 orang sehingga total telah mencapai 1.012.350 kasus di Indonesia.

Kita semua mungkin sepakat bahwa menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya di saat pandemi seperti saat ini, risiko jatuh sakit lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa. Siapa saja bisa terulis virus corona, oleh sebab itu langkah sederhana yang bisa kita lakukan agar terhindari virus berbahaya itu yakni dengan menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar.

Contoh Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Cara mempertahankan daya tahan tubuh yaitu dengan menjaga pola hidup sehat setiap hari. Mengutip dati halodoc.com, berikut beberapa cara penerapan gaya hidup sehat di kala pandemi.

1. Menjaga asupan makanan

Setiap makhluk hidup pasti memerlukan makanan. Dengan mencukupi kebutuhan makanan maka tubuh menjadi berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus mengandung beragam nutrisi yang diperlukan.

Makanan sehat seperti buah san sayur bisa menjadi pilihan. Selain itu, kita juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, dan nutrisi penting lainnya. Dengan menjaga asupan makanan sehat, maka daya tahan tubuh dan kesehatan mental menjadi lebih terjaga.

Advertisement

2. Menyusun kebiasaan baik untuk gaya hidup sehat

Merencana kebiasaan baik ternyata bisa membantu penerapan hidup sehat lebih mudah. Bagi Anda yang ingin beralih ke gaya hidup sehat, tak ada salahnya untuk mulai menyusun rencana baik. Misalnya membuat daftar makanan yang akan dikonsumsi, membuat jadwal olahraga, dan rencana lain yang bisa menunjang kebiasaan hidup sehat.

3. Mencukupi kebutuhan air harian

Air putih sangat diperlukan tubuh untuk menjaga metabolisme dan memelihara kesehatan. Maka dari itu, kita perlu memastikan kebutuhan air terpenuhi. Sebuah studi melaporkan bahwa manfaat air putih bisa membantu berpikir lebih jernih, melancarkan pencernaan, dan mempertahankan energi.

Kebutuhan air putih setiap orang ternyata berbeda-beda. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, dijelaskan bahwa konsumsi air putih untuk anak-anak usia 7 – 9 tahun yatu 1.900 ml per hari, remaja usia 16 – 18 tahun membutuhan air 2.200 ml per hari, dan orang dewasa rentang usia 30 - 49 tahun membutuhkan air sekitar 2.600 ml per hari.

4. Membiasakan diri untuk rutin berolahraga

Contoh pola hidup sehat di masa pandemi berikutnya yaitu dengan selalu membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Aktivitas fisik ini sangat bermanfaat untuk tubuh karena bisa membantu melepaskan endorfin dan membuat kita merasa lebih bahagia.

Di saat pandemi seperti saat ini, kita bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah antara lain knee to elbow, plank, squat, hingga meditasi.

Meskipun ringan, namun jika dilakukan secara rutin juga akan memberikan dampak besar untuk kesehatan tubuh. Keuntungan lainnya dengan berolahraga di rumah yaitu kita bisa terhindar dari risiko penularan virus corona karena tidak berinteraksi dengan orang lain.

5. Tidur yang cukup

Tidur atau istirahat yang cukup juga menjadi bagian dari pola hidup sehat di masa pandemi yang harus diperhatikan. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kembali berenergi dan membuat kesehatan fisik serta mental meningkat.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa tidur nyenyak akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia, meningkatkan ingatan, meningkatkan daya tahan tubuh, dam menjaga berat badan. Durasi tidur yang dibutuhkan manusia pada umumnya sekitar 7 – 9 jam setiap malam.

6. Tidak memaksakan diri

Sebagai manusia biasa pasti kita pernah mengalami hari yang buruk. Banyak hal yang bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah dan stres. Saat hal tersebut terjadi, kita mungkin harus berdamai dengan kondisi yang membuat diri kita merasa tidak baik-baik saja.

Untuk mengembalikan semangat sekaligus menghilangkan stres, Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya nonton film, membaca buku, berbincang dengan teman atau keluarga, hingga bermain dengan hewan peliharaan.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat di masa pandemi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Apa sajakah manfaatnya? Mengutip dari situs promkes.kemkes.go.id, berikut penjelasan tentang manfaat pola hidup sehat yang perlu diketahui.

1. Hidup akan lebih bahagia

Menjaga pola hidup sehat ternyata bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Salah satu caranya yaitu dengan rutin olahraga. Kegiatan fisik itu dapat menstimulasi produksi hormon endorpin dalam tubuh. Hal tersebutlah yang membuat kita akan merasa lebih bahagia dan tenang.

2. Energi menjadi bertambah

Manfaat pola hidup sehat selanjutnya yaitu dapat menambah energi. Gaya hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat dipercaya bisa meningkatkan energi tubuh. Energi tersebut diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah sakit

Pola hidup sehat membuat kita terhindari dari risiko jatuh sakit. Dengan menjaga asupan makanan, istirahat cukup, dan rutin olahraga bisa menunjang daya tahan tubuh. Hal itulah yang membuat tubuh lebih sehat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait