Memahami Pengertian Pola Hidup Sehat hingga Penerapannya

Pola hidup sehat adalah kebiasaan hidup yang terbebas dari masalah kesehatan fisik dan psikis. Manfaat pola hidup sehat akan terasa jika kita menerapkan kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari.
Image title
1 Maret 2022, 10:32
Perempuan sedang melakukan olahraga sebagai salah satu cara penerapan pola hidup sehat
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sebagai salah satu cara penerapan pola hidup sehat

Pola hidup sehat menjadi hal penting yang harus diterapkan agar fungsi tubuh tetap terjaga dengan baik. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, harapannya kita akan selalu sehat dan bugar. Saat tubuh sehat, maka segala aktivitas menjadi lebih lancar dan produktifitas meningkat.

Lantas, apa sebenarnya pola hidup sehat itu? Berikut ini penjelasan lengkap seputar pola hidup sehat yang perlu dipahami.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Menurut penjelasan dalam situs promkes.kemkes.go.id, pola hidup sehat adalah hidup yang bebas dari masalah kesehatan rohani dan jasmani. Hidup sehat bisa dimaknai sebagai seseorang yang sehat secara fisik dan psikis tanpa mengalami masalah kesehatan sedikitpun.

Sementara itu dalam buku “Diet Sehat Berdasarkan Shio”, disebutkan bahwa gaya hidup sehat merupakan suatu cara yang mencakup aturan dan pola manusia untuk menjalankan hidup secara terjaga dan proporsional. Pola inilah yang menjadikan seseorang lebih sehat. Agar bisa hidup sehat maka perlu aturan, sebab tanpa adanya aturan kesehatan fisik dan jiwa bisa terganggu.

Advertisement

Pola hidup sehat juga bisa dimaknai sebagai salah satu upaya menuju kebahagiaan hidup. Hal ini dikarenakan sehat menjadi syarat utama agar manusia dapat menikmati kebahagiaan hidup.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Hidup sehat sudah menjadi tren di masa sekarang. Hal ini membuktikan sudah banyak orang yang menyadari pentingnya pola hidup sehat. Dalam situs promkes.kemkes.go.id, disebutkan beberapa manfaat pola hidup sehat yang membuat gaya hidup ini menjadi penting untuk diterapkan. Berikut penjelasannya.

1. Membuat hidup lebih bahagia

Menerapkan hidup sehat membuat kita merasa lebih bahagia. Pasalnya dengan hidup sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri dan suasana hati. Pola hidup sehat dengan rutin berolahraga bisa menstimulasi produksi hormon endorphin dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih rileks dan menajdi bahagia.

2. Menambah energi

Manfaat pola hidup sehat selanjutnya yaitu bisa menambah energi. Gaya hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat bisa menambah energi tubuh. Energi tersebut diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah risiko penyakit

Melakukan aktivitas fisik dan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat secara rutin diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindari dari risiko penyakit.

Penerapan Pola Hidup Sehat

Penerapan gaya hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa langkah sederhana yang menjadi contoh pola hidup sehat.

1. Menghindari stres

Ilustrasi perempuan yang mengalami stres
Ilustrasi perempuan yang mengalami stres (pixabay.com)

 

Setiap dari kita pasti pernah merasakan stres. Pemicu stres ini cukup beragam mulai dari tuntunan pekerjaan, masalah keluarga, hingga kondisi keuangan. Stres bisa menjadi pemicu masalah kesehatan.

Maka dari itu, kita perlu menghindari stres agar hidup lebih sehat. Caranya yaitu dengan menangkan diri secara perlahan jika mulai merasa stres. Cara lain untuk menghindari stres yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti nonton film, membaca buku, hingga bermain bersama hewan peliharaan.

2. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat
Makanan sehat (pexels.com)

 

Cara lain untuk menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan konsumsi makanan sehat secara rutin. Beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan tubuh antara lain; makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral.

Selain mempertimbangkan kandungan gizi makanan, Anda juga harus mempertimbangkan porsi makanan. Pastikan konsumsi makanan dengan porsi sesuai kebutuhan. Untuk lebih sehat, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi makanan yang direbus, dikukus, atau ditumis.

3. Olahraga rutin

Olahraga Mengecilkan Perut
Olahraga untuk menjaga pola hidup sehat (pixabay.com/silviarita)

 

Contoh pola hidup sehat lainnya yaitu dengan menerapkan olahraga rutin. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu jogging, berenang, atau olahraga lain. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin dengan durasi sesuai dengan kebutuhan.

4. Kurangi konsumsi makanan manis

Kue Ogura Oma Opa
Kue manis (instagram.com/omaopa_cakery)

 

Makanan manis menjadi kesukaan banyak orang. Namun konsumsi makanan manis terlalu banyak bisa menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya diabetes. Maka dari itu, untuk mencegah risiko penyakit tersebut sebaiknya kurangi konsumsi makanan manis.

5. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi Perempuan Sedang Minum Air Putih
Ilustrasi Perempuan Sedang Minum Air Putih (pexels.com/karolina grabowska)

 

Air putih sangat dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme. Maka dari itu, kita perlu mencukupi kebutuhan air putih agar kesehatan tetap terjaga. Hal ini dikarenakan manfaat air putih bisa menjaga fungsi ginjal, menurunkan berat badan, menambah energi, dan beberapa fungsi penting lainnya.

6. Tidur cukup

Posisi tidur yang baik untuk pernapasan
Posisi tidur yang baik untuk pernapasan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

 

Selain memperhatikan asupan makanan dan rutin berolahraga, tidur cukup juga menjadi salah satu cara penerapan pola hidup sehat. Kebutuhan tidur yang ideal untuk orang dewasa yaitu sekitar 7-9 jam per malam.

Tidur cukup sangat dibutuhkan tubuh agar lebih sehat dan segar. Pasalnya, tidur berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga nafsu makan, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, hingga menjaga daya ingat.

Itulah beberapa ulasan penting tentang pola hidup sehat mulai dari pengertian hingga penerapannya. Dengan memahami dan menerapkan gaya hidup sehat, maka kita bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait