Memahami Pengertian Pola Hidup Sehat hingga Penerapannya

Siti Nur Aeni
1 Maret 2022, 10:32
Perempuan sedang melakukan olahraga sebagai salah satu cara penerapan pola hidup sehat
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sebagai salah satu cara penerapan pola hidup sehat

Pola hidup sehat menjadi hal penting yang harus diterapkan agar fungsi tubuh tetap terjaga dengan baik. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, harapannya kita akan selalu sehat dan bugar. Saat tubuh sehat, maka segala aktivitas menjadi lebih lancar dan produktifitas meningkat.

Lantas, apa sebenarnya pola hidup sehat itu? Berikut ini penjelasan lengkap seputar pola hidup sehat yang perlu dipahami.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Menurut penjelasan dalam situs promkes.kemkes.go.id, pola hidup sehat adalah hidup yang bebas dari masalah kesehatan rohani dan jasmani. Hidup sehat bisa dimaknai sebagai seseorang yang sehat secara fisik dan psikis tanpa mengalami masalah kesehatan sedikitpun.

Sementara itu dalam buku “Diet Sehat Berdasarkan Shio”, disebutkan bahwa gaya hidup sehat merupakan suatu cara yang mencakup aturan dan pola manusia untuk menjalankan hidup secara terjaga dan proporsional. Pola inilah yang menjadikan seseorang lebih sehat. Agar bisa hidup sehat maka perlu aturan, sebab tanpa adanya aturan kesehatan fisik dan jiwa bisa terganggu.

Pola hidup sehat juga bisa dimaknai sebagai salah satu upaya menuju kebahagiaan hidup. Hal ini dikarenakan sehat menjadi syarat utama agar manusia dapat menikmati kebahagiaan hidup.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Hidup sehat sudah menjadi tren di masa sekarang. Hal ini membuktikan sudah banyak orang yang menyadari pentingnya pola hidup sehat. Dalam situs promkes.kemkes.go.id, disebutkan beberapa manfaat pola hidup sehat yang membuat gaya hidup ini menjadi penting untuk diterapkan. Berikut penjelasannya.

1. Membuat hidup lebih bahagia

Menerapkan hidup sehat membuat kita merasa lebih bahagia. Pasalnya dengan hidup sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri dan suasana hati. Pola hidup sehat dengan rutin berolahraga bisa menstimulasi produksi hormon endorphin dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih rileks dan menajdi bahagia.

2. Menambah energi

Manfaat pola hidup sehat selanjutnya yaitu bisa menambah energi. Gaya hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat bisa menambah energi tubuh. Energi tersebut diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah risiko penyakit

Melakukan aktivitas fisik dan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat secara rutin diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindari dari risiko penyakit.

Penerapan Pola Hidup Sehat

Penerapan gaya hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa langkah sederhana yang menjadi contoh pola hidup sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement