Inilah Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Konsumsi Obat Kimia

Pusing adalah rasa sakit di kepala yang menimbulkan perasaan seperti berputar-putar dan mengganggu keseimbangan tubuh. Adapun cara menghilangkan pusing seperti berikut.
Image title
14 Maret 2022, 21:12
Inilah Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Konsumsi Obat Kimia
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami pusing

Bagaimana cara menghilangkan pusing? Sebagian kita pasti pernah merasakan pusing. Perlu dipahami bahwa ternyata pusing dengan sakit kepala merupakan dua hal yang berbeda.

Halodoc.com menjelasakan bahwa pusing adalah rasa sakit di kepala yang menimbulkan perasaan seperti berputar-putar dan menggangu keseimbangan tubuh. Sedangkan sakit kepala adalah sensasi berputar yang terjadi di daerah kepala. Gejala ini bisanya muncul pada penderita vertigo.  

Jika dilihat dari definisinya, pusing dan sakit kepala memang berbeda. Namun kedunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa menggangu aktivitas yang sedang dilakukan. Tapi, tidak perlu khawatir, karena ternyata tanpa obat pun pusing bisa diatasi dengan mudah. Mengutip dari sehatq.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menghilangkan Kepala Pusing

1. Menangani Gejala yang Ditimbulkan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika merasa pusing yaitu segera menangani gejala yang muncul. Penanganan yang bisa dilakukan yaitu dengan duduk atau berbaring dan menghindari cahaya yang terlalu terang.

Advertisement

Selain itu, jangan mengganti posisi secara tiba-tiba, apabila hendak berdiri pastikan berdiri secara perlahan. Kenali juga penyebab dari pusing. Biasanya pusing bisa terjadi akibat dehidrasi, maka dari itu Anda harus minum air putih sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga cairan tubuh.

2. Gunakan Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang bisa digunakan untuk menghilangkan pusing, terutama yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan. Untuk mendapatkan manfaat jahe ini, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan, diolah menjadi minuman, atau konsumsi dalam bentuk suplemen.

3. Melakukan Gerakan Epley

Gerakan epley merupakan gerakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pusing bagi penderita vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV). Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara duduk di atas kasur, kemudian putar kepala Anda setengah ke kanan.

Setelah itu, Anda bisa berbaring di kasur selama 30 detik dengan posisi kepala memutar setengah ke kanan dan bantal berada di bawah bahu dengan kepaa tergeletak. Kemudian, putar kepala setengah kekiri tanpa menaikkan kepala selama 30 detik.

Selanjutnya, Anda bisa putar tubuh ke kiri dengan posisi masih sama, sehingga Anda berbaring pada sisi tubuh. Pertahankan posisi tersebut lama kurang lebih 30 detik. Terakhir, Anda bisa duduk di sisi kiri.

4. Akupuntur

Cara mengatasi pusing kepala lainnya yaitu dengan melakukan akupuntur tradisional. Cara ini diketahui bisa meringankan pusing terutama yang diakibatkan oleh migran.

5. Konsumsi Vitamin dan Zat Besi

Mengonsumsi vitamin dan zat besi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan pusing dengan cepat. Vitamin yang dimaksud antara lain vitamin C, E, dan B6.

Setiap vitamin ternyata memiliki kegunaan yang berbeda. Vitamin C bisa mengurangi vertigo. Vitamin E bisa mencegah masalah sirkulasi. Vitamin B6 bisa mengobati pusing dan mencegah anemia.

Selain vitamin, mineral seperti zat besi juga dipercaya bisa mencegah anemia yang dapat memicu pusing. Anda bisa memperoleh vitamin dan zat besi dari makanan atau dengan konsumsi suplemen yang direkomendasikan.

6. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Cara meredakan pusing kepala selanjutnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan air minum. Salah satu penyebab pusing yaitu karena dehidrasi. Oleh sebab itu, kita perlu mencukupi kebutuhan air minum untuk menghindari pusing.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa minum air teratur juga bisa meredagan gejala sakit kepala pada penderita dehidrasi.

7. Menggunakan Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau essential oil juga diketahui bisa meredakan pusing. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengoleskan minyak peppermint ke pelipis bisa membantu meredakan sakit kapala tegang. Tak hanya minyak peppermint, minyak levender juga bisa meredakan gejala sakit kepala migran. Minyak levender ini bisa dilakukan dengan cara dihirup.

8. Lakukan Kompres Dingin

Cara menghilangkan pusing juga bisa dengan melakukan kompres dingin di kepala atau leher. Kompres dingin dipercaya bisa meredakan peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan membuat pembuluh darah lebih rileks. Dengan demikian, pusing bisa teratasi.

9. Minum Kopi atau Teh

Kopi atau teh memiliki kandungan kafein yang dipercaya bisa menghilangkan pusing. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, kafein bisa meningkatkan mood, kewaspadaan, dan membuat pembuluh darah lebih rileks. Dengan demikian, sakit kepala dan pusing bisa diatasi. Walaupun demikian, efek ini tidak bisa dirasakan jika Anda sudah terbiasa minum kopi.

10. Kurangi Konsumsi Makanan yang Tinggi Histamin

Histamin adalah bahan kimia yang ada dalam tubuh. Bahan ini berperan dalam sistem kekebahan tubuh, sistem pencernaan, dan sistem saraf. Histamin bisa ditermukan dalam makanan fermentasi, seperti keju. Makanan tinggi histamin ini ternyata diketahui bisa menjadi cara menghilangkan pusing tanpa obat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait