Pengertian Teknologi, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Siti Nur Aeni
25 Maret 2022, 16:40
Ponsel pintar salah satu jenis teknologi yang banyak digunakan manusia
Unsplash/Mika Baumeister
Ponsel pintar salah satu jenis teknologi yang banyak digunakan manusia

Salah satu tanda perkembangan zaman yaitu adanya teknologi yang mulai masif digunakan. Perkembangan teknologi yang semakin maju dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin baik. Lantas, apa sebenarnya teknologi itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teknologi

Secara bahasa teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu tekhnologia yang merupakan gabungan dari “techne” dan “logos”. Tehcne berarti art or skill sedangkan logos berarti science of study. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Advertisement

Sementara itu, definisi teknologi menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Capra

Teknologi adalah pembahasan sistematis atas seni terapan atau petukangan. Hal ini sesuai dengan literatur Yunani yang mengacu pada kata techne yang artinya wacana seni.

2. Menurut Manuel Castells

Teknologi ialah kumpulan alat, aturan, dan prosedur sebagai bentuk penerapan pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam kondisi yang memungkinkan terjadi pengulangan.

3. Menurut Gary J. Anglin

Pengertian teknologi adalah penerapan ilmu perilaku, alam, dan pengetahuan lainnya secara sistematis untuk menyelesaikan permasalahan manusia.

4. Menurut Miarso

Definisi teknologi adalah bentuk proses yang bisa meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu yang tidak terpisah dari produk lain yang telah ada.

5. Menurut Poerbahawadja Harahap

Teknologi merupakan kata yang digunakan untuk menyebutkan ilmu pengetahuan yang mengulik tentang cara kerja dalam bidang teknik.

Jenis Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, teknologi sudah hadir di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan manusia. Adapu jenis teknologi yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1. Teknologi Bidang Informasi

Teknologi informasi atau TI adalah teknologi yang mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan tepat. Teknologi ini terdiri atas perangkat lunak dan keras yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi tersebut. Contoh teknologi informasi antara lain; website, televisi, radio, dan lain sebagainya.

2. Teknologi Bidang Komunikasi

Jenis teknologi lainnya yaitu teknologi komunikasi. Teknologi ini membantu menusia untuk berkomunikasi antar sesamanya dengan menggunakan perangkat tertentu. Jenis teknologi ini yang mungkin saat ini paling terasa di kehidupan manusia. Contoh teknologi komunikasi yaitu email, smarphone, aplikasi pesan singkat.

3. Teknologi Bidang Transportasi

Teknologi transportasi merupakan perangkat yang membantu manusia melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang cepat. Kehadiran teknologi ini membuat mobilitas manusia lebih efisien. Contoh teknologi ini yaitu kereta api, pesawat, kereta listrik, mobil listrik, dan lain sebagainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement