Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Siti Nur Aeni
7 April 2022, 14:32
Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa
pixabay.com
Ilustrasi bau mulut

Saat bulan Ramadan, kita biasanya mengalami beberapa masalah pada mulut. Salah satunya, bau mulut yang tidak sedap. Kondisi ini membuat kita kurang nyaman dan tidak percaya diri. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau mulut saat puasa? Temukan jawabannya, pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Bau Mulut saat Puasa

Bau mulut saat puasa sebenarnya hal yang normal. Hampir semua orang yang berpuasa mengalaminya. Lantas, apakah yang menjadi penyebab bau mulut saat puasa?

Menurut penjelasan halodoc.com, penyebab utama dari bau mulut saat puasa yaitu karena produksi air liur di mulut berkurang. Produksi air liur sangat berkaitan dengan asupan cairan. Ketika berpuasa asupan cairan berkurang, maka dari itu produksi air liur juga berkurang.

Padahal, air liur merupakan cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berperan penting dalam sistem imun untuk mencegah infeksi bakteri dan virus yang masuk lewat mulut.

Akibat dari kondisi tersebut, maka rongga mulut kering dan menjadi tempat ideal untuk berkembangnya bakteri di lidah, gigi, dan mulut. Nah, itulah yang memicu terjadinya bau mulut saat puasa.

Selain itu, bau mulut saat puasa juga bisa disebabkan karena adanya masalah kesehatan gigi dan mulut, serta gangguan asam lambung. Oleh sebab itu, penting untuk memelihara kesehatan mulut dengan rutin menyikat gigi agar tidak terjadi perkembangbiakan bakteri yang memicu bau mulut.

Cara Agar Tidak Bau Mulut saat Puasa

Masalah bau mulut saat puasa memang sulit dihindari, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Menurut penjelasan hellosehat.com, berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa.

1. Berkumur menggunakan mouthwash

Kehadiran bakteri di mulut membuat mulut memiliki aroma tidak sedap. Salah satu cara untuk menghilangkan bakteri tersebut yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash.

Namun, saat berkumur menggunakan mouthwash, pastikan obat kumur tersebut tidak memiliki kandungan alkohol dan bisa membunuh bakteri di mulut. Anda bisa berkumur secara rutin, sehingga bau mulut bisa hilang.

2. Menyikat gigi

Menyikat gigi secara menyeluruh juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Pastikan Anda membersihkan bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi. Dengan membersihkan sela gigi, maka seluruh sisa makanan dan bakteri disekitar gigi bisa hilang.

Menyikat gigi memang efektif untuk menghilangkan bau mulut. Namun, jika Anda tidak nyaman menyikat gigi dengan pasta gigi saat puasa, maka Anda cukup basahi sikat gigi dengan air saja. Cara ini dipercaya bisa meminimalisir aroma tidak sedap pada mulut ketika berpuasa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...