7 Efek Mandi Malam yang Patut Diwaspadai

Mandi malam memang memberikan sensasi menyegarkan. Namun, pada kondisi tertentu, mandi malam hari bisa menyebabkan efek kurang baik untuk kesehatan. Apa saja efek mandi malam? BegIni penjelasannya.
Image title
13 Mei 2022, 22:43
Ilustrasi efek mandi malam hari
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi efek mandi malam hari

Beberapa kondisi terkadang memaksa kita untuk mandi di malam hari. Misalnya, saat pulang kerja larut malam. Maka kita terpaksa untuk mandi di malam hari. Lantas, apakah ada efek mandi malam untuk kesehatan? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Bahaya Mandi Malam Hari

Manfaat mandi malam hari sebenarnya cukup beragam. Salah satunya yaitu membuat tubuh menjadi bersih setelah seharian beraktivitas. Namun, di kondisi tertentu, mandi di malam hari bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Mengutip dari hellosehat.com, berikut sederet efek mandi malam yang penting untuk diwaspadai.

1. Meningkatkan Gejala Rematik

Rematik adalah penyakit auto imun yang memunculkan gejala seperti sendi kaku dan bengkak terutama di jari tangan atau kaki. Jika Anda memiliki rwayat penyakit ini, sebaiknya jangan mandi di malam hari.

Advertisement

Pasalnya, mandi malam hari dapat menyebabkan tubuh kedinginan. Berdasarkan keterangan di jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin bisa membuat gejala rematik semakin parah, terlebih pada orang yang lanjut usia.

2. Dapat Menyebabkan Asma Kambuh

Selain bisa meningkatkan gejala penyakit ramatik, efek mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan asma kambuh. Perubahan suhu yang mendadak diketahui bisa memicu gangguan pada pernapasan.

Tak hanya asma, mandi di malam hari juga bisa menyebabkan penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis menjadi kambuh. Maka dari itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit pernapasan, ada baiknya menghindari mandi di malam hari.  

3. Dapat Menyebabkan Bronkitis Akut

Bronkitis akut merupakan sebuah kondisi saat saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Namun, ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit bronkitis akut.

Salah satu faktor tersebut yaitu suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering. Kondisi yang terlalu dingin ini bisa terjadi saat kita mandi di malam hari. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit bronkitis akut, sebaiknya jangan terlalu sering mandi malam hari.

4. Dapat Menyebabkan Flu

Efek mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan flu. Hal ini bisa terjadi karena virus dapat berkembang biak lebih cepat saat tubuh dingin. Teori ini telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian yang dilakukan Yale University di tahun 2015.

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa, virus yang menyerang rongga hidung bersuhu dingin lebih mudah menyebabkan influenza dibandingkan saat menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

5. Membuat Otot Menjadi Kaku

Jika mandi malam menggunakan air dingin, maka bisa menyebabkan otot kaku meskipun tidak memiliki riwayat penyakit rematik. Pasalnya, suhu udara yang dingin ditambah dengan air yang dingin dapat membuat suhu inti tubuh menurun.

Di kondisi seperti itu, sirkulasi udara akan menurun dan mengakibatkan otot tegang serta kaku. Jika kondisi ini terjadi sebelum tidur, tentu akan menggangu waktu istirahat Anda.

6. Menyebabkan Kejang pada Penderita Epilepsi

Salah satu bahaya mandi malam hari yang juga penting untuk diperhatikan yaitu bisa memicu kejang pada penderita epilepsi. Hal ini dikarenakan mandi malam menyebabkan suhu menjadi telalu dingin, sehingga risiko kejang semakin tinggi.

Tak hanya itu, mandi malam hari juga bisa menyebabkan kelembapan tinggi. Menurut sebuah studi, kelembapan yang tinggi bisa mengakibatkan kejang. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita kejang yang sudah parah.

7. Meningkatkan Risiko Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi saat suhu tubuh menurun hingga di bawah 350C akibat kondisi dingin, basah, atau berangin. Umumnya, suhu udara saat malam hari lebih dingin dan lembap dibandingkan siang hari. Maka dari itu, salah satu efek mandi malam menggunakan air ingin bisa menyebabkan hipotermia.

Perlu diketahui juga bahwa kondisi hipotermia bisa ditandai dengan tubuh menggigil, bibir membiru dan gemetar, kulit pucat, hingga detak jantung meningkat. Kondisi ini semakin rentan dialami bayi, anak kecil, dan orang lanjur usia.

Apabila kondisi seperti ini dibiakan, maka bisa mengakibatkan tubuh kehilangan banyak energi, pingsan, hingga berisik menyebabkan kematian.

Cara Agar Tehindari dari Efek Mandi Malam

Sebenarnya tidak ada peraturan yang melarang sepenuhnya akitivas mandi malam hari. Namun, untuk sebagian orang perlu mewaspadai efek mandi malam seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Walaupun demikian, kita bisa melakukan mandi di malam hari dengan beberapa catatan. Dalam situs klikdokter.com, disebutkan setidaknya Anda memastikan tiga hal sebelum memutuskan untuk mandi malam.

  • Pastikan tubuh dalam kondisi sehat.
  • Pastikan bahwa suhu udara tidak terlalu dingin.
  • Menggunakan suhu air yang tepat untuk mandi.

Sebagai pengetahuan, suhu  air yang aman untuk mandi malam hari maksimal berbeda 50C dengan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh sekitar 360C, maka suhu air dingin yang digunakan sekitar 29-300C.

Jika ingin menggunakan air hangat, maka pastikan untuk tidak berendam atau berada di bawah shower terlalu lama. Pasalnya, hal tersebut dapat menghilangkan jumlah minyak alami di kulit. Jika jumlah minyak berkurang, maka kulit bisa menjadi kering.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait