Ragam Manfaat Mie Shirataki Bagi Kesehatan

Siti Nur Aeni
24 Mei 2022, 19:45
Mie shirataki
pexels.com
Mie shirataki

Mie Shirataki adalah mie yang terbuat dari akar tanaman konjac atau konnyaku yang banyak tumbuh di Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Mie yang satu ini dinilai lebih sehat dibandingkan dengan jenis mie lainnya. Lantas, apa saja manfaat mie shirataki? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Mie Shirataki

Secara penampilan, mie shirataki memiliki warna putih dan cenderung bening. Ada juga yang menyebut mie ini dengan nama mie konjak karena terbuat dari glucomannan, sejenis serat dari akar tanaman konjak.

Mie konjak berbeda dengan mie jenis lain. Menurut penjelasan di hellosehat.com, mie shirataki ini rendah karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang ada dalam mie ini didominasi oleh serat, bukan hanya pati atau zat tepung. Maka dari itu, mie yang satu ini sangat rendah kalori.

Selain mengandung serat mie ini juga mengandung banyak air. Bahkan kandungan air dalam mie shirataki mencapai 97%.

Manfaat Mie Shirataki

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mie shirataki ini dinilai lebih menyehatkan dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Adapun beberapa menfaat mie shirataki yang dilansir dari hellosehat.com dan alodokter.com, sebagai berikut:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mie shirataki sering dikatikan dengan program diet. Banyak yang menyebutkan bahwa mie sehat ini dapat membantu menurunkan berat badan. Ternyata, asumsi tersebut benar adanya.

Manfaat mie shirataki untuk diet ini ditunjang dari kandungan serat yang ada didalamnya. Serat glucomannan dipercaya bisa menunda pengosongan perut. Dengan demikian, Anda akan merasa kenyang lebih lama, makan dalam porsi yang lebih sedikit, dan membantu memperlambat gerakan usus.

Sebuah penelitian juga mengemukakan bahwa konsumsi serat glucomannan selama empat minggu dapat menurunkan hormon lapar. Dengan demikian, tubuh akan lebih mudah dalam menahan lapar.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine juga mengemukakan bahwa seseorang yang mengonsumsi serat glucomannan teratur dalam 4-8 minggu dapat menurunkan berat badan 1,4-2,5 kg.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Perlu diketahui bahwa serat pada dasarnya mampu membantu menurunkan jumlah kolesterol. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal American College of Nutrition menerangkan bahwa glucomannan bisa meningkatkan kolesterol yang dikelurkan lewat feses.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...