8 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Balita yang Penting untuk Diketahui

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 16:04
8 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Balita yang Penting untuk Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi balita mengonsumsi MPASI yang mengandung lemak sehat

Fungsi lemak bagi tubuh balita juga ternyata sangat penting. Asupan lemak yang cukup bisa membuat tumbuh kembangnya menjadi optimal. Meskipun demikian, konsumsi makanan yang mengandung lemak pada balita juga tidak boleh berlebihan.

Konsumsi lemak pada balita bisa disesuaikan dengan usianya. Pada anak usia 1-3 tahun diketahui membutuhkan 30-40% lemak dari jumlah kalori harian. Sedangkan pada anak umur 4-18 tahun prosinya berkurang menjadi 25-35% lemak dari jumlah kalori harian.

Advertisement

Lalu apa saja fungsi lemak bagi tubuh balita? Mengutip dari klikdokter.com, berikut penjelasannya.

Fungsi Lemak untuk Balita

1. Membantu Perkembangan Otak

Salah satu fungsi lemak adalah untuk membantu perkembangan otak balita. Siapa sangka jika otak manusia 70% tersusun atas lemak. Asam lemak omega-3 memiliki tugas mengoptimalkan fungsi dan perkembangan otat bayi dan balita.

Sebuah peneltian menyebutkan bahwa anak sekolah yang mengonsumsi makanan tinggi omega-3 memiliki kemampuan membaca lebih baik. Selain itu, pola tidur juga lebih teratur dan bisa mengurangi risiko asma serta gejala ADHD pada anak.

2. Menjaga Sel dan Organ Tubuh Anak

Fungsi utama lemak bagi balita dan anak-anak yaitu membantu menjaga sel dan organ tubuh. Perlu diketahui bahwa setiap sel tubuh dikelilingi membaran yang mengandung lemak. Tanpa adanya membran sel yang sehat, maka sel tidak bisa berfungsi dengan baik.

Hal tersebut juga berlaku pada organ vital seperti ginjal, usus, dan hati. Lemak diperlukan sebagai bantalan yang dapat menjaga organ pada tempatnya dan melindungi organ tersebut agar tidak terluka.

Selain berguna untuk melindungi organ, lemak juga berfungsi untuk cadangan energi saat tubuh mengirimkan sinyal sebagai tanda lapar.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Fungsi dari lemak lainnya yaitu untuk memelihara kesehatan mata. Retina mata memiliki konsenstrasi DHA tertinggi sehingga asupan lemak omega-3 dibutuhkan untuk perkembangan organ penglihatan. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Pada bayi, lemak omega-3 diperoleh dari air susu ibu. Sementara itu, saat anak sudah mulai besar yakni pada usia 2 tahun ke atas, asupan lemak bisa diperoleh dari makanan. Pada balita berusia 2 tahun ke atas, asupan lemak juga harus optimal untuk menjaga fungsi penglihatan.

4. Mempermudah Penyerapan Mineral dan Vitamin

Lemak untuk balita dan anak diperlukan sebagai bahan bakar dalam proses penyerapan vitamin dan mineral, misalnya vitamin A, D, E, dan K. Maka dari itu, saat tubuh kekurangan lemak bisa menyebabkan vitamin dan mineral dalam tubuh juga berkurang. Padahal vitamin dan mineral sangat penting untuk pertumbuhan dan menjaga kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Produksi Zat Penting yang Perlukan Tubuh

Fungsi lemak bagi tubuh balita lainnya yaitu membantu meningkatkan produksi zat penting bagi tubuh. Misalnya, prostaglandin yang merupakan hormon penting untuk mengatur fungsi organ.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement