Simak Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen saat Isolasi Mandiri

Saturasi oksigen adalah nilai yang menunjukkan kadar oksigen yang ada pada tubuh. Ada cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien Covid-19 yang sedang isoman.
Image title
15 Juli 2021, 13:38
Simak Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen saat Isolasi Mandiri
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Petugas kesehatan memeriksa kadar oksigen pada tubuh warga lanjut usia (lansia).

Kadar oksigen dalam tubuh atau juga sering disebut saturasi oksigen menjadi hal penting yang harus terus dicek secara berkala oleh pasien Covid-19. Saturasi oksigen adalah nilai yang menunjukkan kadar oksigen yang ada pada tubuh. Nilai ini sangat penting karena berpengaruh pada fungsi organ dan juga jaringan tubuh. Jika saturasi oksigen-nya rendah, maka perlu cara meningkat saturasi oksigen.

Kadar oksigen yang rendah menandakan pasien tersebut membutuhkan penanganan medis. Karena itu, pasien Covid-19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri atau isoman harus rutin mengecek kadar oksigen menggunakan alat yang dikenal dengan nama oximeter.

Penyebab Saturasi Oksigen Menurun

Ada beberapa penyebab nilai saturasi oksigen, yaitu.

  1. Terjadi hipoksia atau gagal nafas yang disebabkan oleh infeksi paru-paru yang meluas.
  2. Salur nafas kecil atau alveoli mengalami koleps yang disebabkan adanya dahak yang menumpuk secara berlebih.
  3. Adanya infeksi badan karotis yang disebabkan oleh infeksi dari virus corona.
  4. Adanya penyakit lain yang menyebabkan saturasi oksigen covid menjadi rendah, seperti anemia, jantung, asma, dan beberapa penyakit pernapasan lainnya.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen dengan Proning

Saturasi oksigen normal ada berkisar antara 95% sampai 100% pada pengukuran oximeter. Sedangkan kadar oksigen rendah ada di bawah 94%.

Advertisement

Saturasi oksigen yang rendah ternyata bisa diatasi dengan pemberian terapi oksigen melalui selang atau masker oksigen. Namun, alat-alat tersebut umumnya tersedia di fasilitas kesehatan.

Dilansir dari laman AloDokter, untuk pasien isolasi mandiri yang mengalami penurunan saturasi oksigen, dapat melakukan terapi mandiri yang dikenal dengan nama proning. Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan/

Anda cukup berbaring dengan posisi tengkurap. Posisi ini memungkinkan kantung udara yang ada di paru-paru dapat mengembang dengan optimal. Berikut ini cara meningkatkan saturasi oksigen menggunakan teknik proning.

Posisi Pertama

  1. Letakkan bantal di bawah kepala anda.
  2. Berbaring dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/ kiri).
  3. Selipkan kedua tangan anda pada bagian bawah dada.

Posisi Kedua

  1. Letakkan bantal pada bagian bawah kepala dan bawah perut.
  2. Berbaringlah dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/ kiri).
  3. Tangan diposisikan pada samping bantal.

Posisi Ketiga

  1. Letakkan bantal pada bagian bawah kepala.
  2. Berbaringlah dengan posisi tengkurap dan kepala menoleh pada salah satu sisi (kanan/ kiri).
  3. Salah satu kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat ke arah yang sama seperti arah kepala anda menolah. Contoh, ketika kepala anda menoleh ke kanan maka lutut kaki kanan yang ditekuk.
  4. Letakkan bantal pada bagian bawah kaki yang ditekuk.
  5. Tangan diposisikan senyaman mungkin.

Posisi Keempat

  1. Letakkan bantal pada bagian bawah kepala.
  2. Berbaringlah dengan posisi menyamping pada salah satu sisi (kanan/ kiri).
  3. Letakkan bantal lain pada bagian tubuh.
  4. Letakkan juga bantal di bagian sisi tubuh yang menempel dengan tempat tidur, dan diantara kedua lutut yang menjadi penyangga badan.

Keempat teknik tersebut bisa menjadi salah satu cara meningkatkan saturasi oksigen rendah covid. Anda bisa mengubah posisi setiap satu hingga dua jam agar tetap merasakan nyaman saat melakukan proning.

Apabilateknik tersebut sudah rutin dilakukan tapi saturasi oksigen tetap rendah dan diikuti dengan gejala lain seperti sesak napas, lemas, nyeri pada bagian dada, bahkan sampai kehilangan kesadaran, maka sebaiknya segera menghubungi dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen untuk Pasien Covid-19

Selain dengan menggunakan teknik proning, cara meningkatkan saturasi oksigen bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Sirkulasi Udara Harus Dalam Keadaan Baik

Bagi pasien covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri, membuka jendela, pintu, dan bagian sirkulasi udara lain menjadi hal yang sangat penting. Dengan begitu, udara segar dari luar bisa masuk, dan udara dalam rumah bisa keluar.

Membuka jendela atau pintu di pagi hari sangat dianjurkan, sebab pada saat itu belum terlalu banyak mobilitas kendaraan sehingga udara lebih segar. Terlebih jika di sekitar rumah ada banyak pepohonan, maka suplai oksigen dari luar menjadi lebih banyak.

2. Lakukan Olahraga

Olahraga juga ternyata bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen seperti berjalan kaki.

Namun, bagi  yang sedang isolasi mandiri dan tidak diperkenankan keluar rumah, bisa melakukan olahraga seperti latihan relaksasi, latihan mengembangkan dada menggunakan teknik thoracic mobility, latihan pernapasan, dan olahraga yang tergolongan ringan lainnya.

3. Mengonsumsi Zat Besi

Cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien covid, yakni dengan mengkonsumsi zat besi. Zat ini berperan dalam pembentukan darah. Semakin banyak jumlah sel darah merah yang terbentuk, maka semakin banyak pula suplai oksigen dalam tubuh.

Makanan yang dapat Meningkatakan Saturasi Oksigen

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Makanan-makanan berikut umumnya memiliki kandungan zat besi yang merupakan zat penting dalam proses pembentukan hemoglobin. Hemoglobin inilah yang memiliki peranan untuk membawa okigen dari paru-paru menuju bagian tubuh lainnya.

1. Sayuran Hijau

Jenis makanan pertama yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sayuran seperti bayam, brokoli, atau kale dipercaya bisa meningkatkan kadar zat besi di tubuh. Konsumsi sayuran hijau juga tidak hanya baik untuk menjaga kadar oksigen dalam tubuh, namun juga memberikan manfaat lain untuk tubuh.

2. Daging Merah

Makanan ini juga terkenal sebagai makanan yang kaya akan zat besi. Dalam 100 gram daging merah diketahui terdapat zat besi sekitar 2 miligram (mg). Jumlah tersebut ternyata sesuai dengan kebutuhan zat besi tubuh per harinya. Akan tetapi konsumsi daging merah juga harus bijak. Jika terlalu banyak, malah berisiko menyebabkan penyakit lainnya, seperti penyakit jantung hingga stroke.

3. Seafood

Makanan kaya protein yang ternyata juga bisa menjadi sumber zat besi lainnya yakni seafood atau makanan yang berasal dari laut, seperti ikan laut, tiram, dan udang. Di dalam seafood terdapat zat besi dan juga vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf tubuh dan sel darah merah. 

4. Tahu

Makanan hasil fermentasi dari kedelai ini juga ternyata kaya akan zat besi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan saturasi oksigen. Makanan ini ternyata memiliki kandungan sekitar 3,4 mg zat besi pada 126 gram tahu atau sekitar 1 mangkuk.

5. Biji dari Buah Labu

Walaupun jarang dikonsumsi, namun ternyata biji buah labu memiliki kandungan zat besi yang tak kalah tinggi. Pada satu porsi atau sekitar 1 ons biji buah labu, terdapat 2,7 mg zat besi. Anda bisa mencampurkan biji labu dalam roti maupun salad jika ingin mengkonsumsinya. Atau bisa juga dengan merebusnya lalu dijadikan sebagai camilan.

6. Kacang-kacangan

Kandungan zat besi dalam kacang-kacangan seperti kedelai atau kacang polong juga diketahui cukup tinggi. Makanan ini bahkan sering menjadi pilihan pada vegetarian atau yang tidak mengkonsumsi daging merah, biasanya mengganti kebutuhan zat besi dari kacang-kacangan.

Begitulah beberapa cara yang bisa dipilih untuk meningkatkan saturasi oksigen. Cara meningkatkan saturasi oksigen harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengecek apakah Anda memiliki penyakit lain yang menyebabkan saturasi oksigen rendah. Jika sudah melakukan berbagai cara di atas, namun saturasi oksigen tetap rendah, segeralah menghubungi dokter ahli agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait