Menlu Retno Marsudi Sampaikan Duka Cita atas Meninggalnya Shinzo Abe

Syahrizal Sidik
8 Juli 2022, 20:37
Menlu Retno Marsudi Sampaikan Duka Cita atas Meninggalnya Shinzo Abe
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/aww.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pernyataan pers usai Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).

 

Kementerian Luar Negeri Indonesia menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang ditembak saat sedang berpidato di kota Nara pada Jumat (8/7). Shinzo Abe meninggal dunia pada usia 67 tahun.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan usai pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua Bali. Ia menilai, dedikasi Abe semasa hidupnya akan menjadi teladan. 

"Saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa dari Pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada warga Jepang saat ini. Dedikasinya (Shinzo Abe) kepada bangsa dan negara akan selalu dikenang sebagai teladan utama bagi semua," kata Retno, dalam pernyataannya seperti disiarkan melalui YoTube, Jumat (8/7). 

Abe sempat mengalami kondisi kritis lantaran mendapatkan tembakan di leher serta dada. Ia ditembak dari belakang saat berpidato menjelang pemilihan Majelis Tinggi di Nara.

Pelaku penembakan itu adalahTetsuya Yamagami, 41,  mantan Marinir Angkatan Laut dan Pasukan Bela Diri Jepang hingga 2005. Ia menembak Abe sebanyak dua kali. Meski demikian, motivasi penembakan yang dilakukan oleh tersangka tidak jelas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...