Indonesia Jadi Tuan Rumah F1, Bangun Sirkuit Rp 1,2 Triliun di Bintan

Andi M. Arief
28 Maret 2022, 18:01
Bintan, F1
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Sejumlah wisatawan bercengkerama di Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (1/11/2020).

Setelah MotoGP, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah olah raga balap tingkat dunia lain yaitu Formula  1 atau F1 di Bintan. Konstruksi sirkuit diperkirakan rampung pada 2024. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) mencatat ajang balap mobil F1 itu akan diselenggarakan pada Bintan International Sircuit di Pulau Bintan. Peletakan batu pertama pembangunan sirkuit Bintan pada 17 Maret 2022. 

"Kami terus berkoordinasi dengan investor sektor swasta. Berawal dari kesuksesan MotoGP, bisa kita sukseskan penyelenggaraan F1," kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual, Senin (28/3). 

Sandiaga mencatat pembangunan sirkuit itu menelan investasi hingga Rp 1,2 triliun yang berasal dari dana swasta. Lahan yang disiapkan untuk sirkuit ini sekitar mencapai 75 hektare-100 hektare dengan waktu pengerjaan 1,5- dua tahun. Investor melibatkan konsultan mancanegara untuk mendesain arena olahraga motor ini. 

"Kami akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dan mengundang investor swasta lainnya agar pembangunan sirkuit ini bisa didukung oleh fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya," ujar Sandy. 

Sementara itu, Sandiaga mengatakan evaluasi ajang MotoGP Mandalika 2022 baru rampung total pada akhir semester I-2022. Kementerian Parekraf juga  bekerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan terkait evaluasi dampak ekonomi, termasuk Indef.

Pada ajang balap internasional itu, Sandiaga menargetkan ada peningkatan transaksi senilai Rp 500 miliar di Pulau Lombok. Secara kasat mata, Sandi mencatat produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) senilai Rp 1,3 miliar ludes pada hari pertama MotoGP Mandalika 2022. 

Adapun, total wisatawan yang mengunjungi untuk menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 tercatat mecapai 63 ribu orang. Sementara kontribusi wisatawan mancanegara (wisman) adalah sekitar 32 ribu orang. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...