UE Batasi Minyak Rusia, Menkeu AS Ingatkan Harga BBM Bakal Melonjak

Tia Dwitiani Komalasari
12 September 2022, 06:28
Marko Djurica Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Kilang Minyak Lysychansk setelah terkena rudal di Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, Sabtu (16/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica/foc/sad.
Marko Djurica Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Kilang Minyak Lysychansk setelah terkena rudal di Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, Sabtu (16/4/2022).

Uni Eropa atau UE  tengah mengurangi pembelian minyak Rusia secara signifikan. Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen, mengingatkan warganya bahwa harga BBM di AS bisa mengalami lonjakan di musim dingin akibat langkah Uni Eropa tersebut.

Yallen mengatakan, negara-negara barat tengah merancang batas harga pada ekspor minyak Rusia. Hal itu dilakukan agar harga energi dunia tetap terkendali.

"Ini adalah risiko, dan ini adalah risiko yang sedang kami upayakan untuk mengatasi batas harga," kata Yellen kepada CNN, seperti dikutip dari Reuters, Senin (12/9).

Dia mengatakan, kenaikan harga bisa terjadi karena sebagian besar Uni Eropa akan berhenti membeli minyak rusia dan memberlakukan larangan pada layanan yang memungkinkan Rusia mengirim minyak dengan kapal tanker.

Rencana pembatasan harga ini disetujui oleh negara-negara G7 yang menyerukan anggotanya untuk menolak asuransi, keuangan, perantara, navigasi, dan layanan lainnya untuk kargo minyak dengan harga di atas batas harga minyak mentah dan produk minyak yang belum ditentukan.

Yellen mengatakan pembatasan harga ditujukan untuk menurunkan pendapatan yang dapat digunakan Rusia untuk berperang di Ukraina. Namun mereka tetap mempertahankan pasokan minyak Rusia untuk menjaga harga global tetap rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...