Tol Banda Aceh-Seulimeum Sepanjang 50 Km Rampung Desember

Tia Dwitiani Komalasari
19 Oktober 2022, 23:21
Sejumlah kendaraan melintasi di gerbang pintu tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimum-Jantho) pada hari pertama resmi beroperasi di Aceh Besar, Aceh, Rabu (27/4/4).
ANTARA FOTO/Ampelsa/YU
Sejumlah kendaraan melintasi di gerbang pintu tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimum-Jantho) pada hari pertama resmi beroperasi di Aceh Besar, Aceh, Rabu (27/4/4).

Pembangunan jalan tol dari Banda Aceh ke Seulimeum sepajang 50 km ditargetkan tuntas akhir Desember 2022. Jalan tol ini merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,2 km pada Rabu (19/10/2022). Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh.

Dalam tinjauan kali ini, Menteri Basuki mengingatkan agar menjaga keberlanjutan lingkungan dalam konstruksi Tol Banda Aceh-Sigli, salah satunya mengoptimalkan penghijauan khususnya pada tebing-tebing yang ada di sepanjang ruas tol.

"Tebing-tebing yang ada langsung dihijaukan lagi, ditanami kembali. Jika tidak diperlukan, jangan menebang pohon-pohon yang ada, sehingga kondisi alami tidak terganggu. Tolong diawasi betul konsultan supervisi agar tetap kondisi lingkungan terjaga," kata Basuki.

Basuki mengatakan, Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari enam seksi. Kontraktor telah menyelesaikan dan mengoperasikan seksi 2,3, dan 4 tol Banda Aceh-Sigli.

Secara rinci, Seksi 2 yakni Seulimeum-Jantho sepanjang 6,26 km telah beroperasi pada 8 Maret 2022. Sementara Seksi 3 yakni Jantho-Indrapuri sepanjang 16,37 km telah beroperasi pada 26 Februari 2021. Seksi 4 yaitu Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 14,6 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Sedangkan untuk Seksi 1 Padang Tidji - Seulimum sepanjang 24,67 km saat ini progres lahannya sudah 97,35% dan progres konstruksi sebesar 82,35% dengan target rampung pada September 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...