Harga Minyak WTI Sentuh US$ 73 per Barel, Terendah Sejak Desember 2021

Tia Dwitiani Komalasari
29 November 2022, 06:33
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai

Harga minyak ditutup beragam pada akhir perdagangan Senin (29/11). Organisasi negara-negara penghasil minyak OPEC+ berencana mengurangi produksi untuk mengimbangi kekhawatiran pembatasan ketat COVID-19 di Cina yang merupakan importir minyak mentah terbesar dunia.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Januari ditutup naik 96 sen atau 1,3 persen, menjadi US$ 77,24 per barel. Di awal sesi, WTI sempat menyentuh US$ 73,6 per barel yang merupakan level terendahnya sejak Desember 2021.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari juga sempat berbalik positif, tetapi berakhir turun 44 sen atau 0,5 persen menjadi US$ 83,19 per barel. Pada awal sesi, Brent merosot lebih dari 3% menjadi US$ 80,61 per barel, level terendah sejak 4 Januari 2022.

Kedua harga acuan tersebut telah membukukan tiga kali penurunan mingguan berturut-turut.

"Kabar yang beredar adalah ada desas-desus bahwa OPEC+ sudah mulai melontarkan gagasan pengurangan produksi pada Minggu (27/11). Itu membantu membalikkan kerugian yang disebabkan oleh protes China," kata Kepala Analis Minyak di Kpler, Matt Smith, seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/11).

Analis di Eurasia Group menyatakan dalam sebuah catatan Senin (28/11) bahwa melemahnya permintaan dari Cina dapat memacu Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia untuk memangkas produksi, setelah mengurangi pasokan pada Oktober.

"Keputusan akan bergantung pada lintasan harga minyak ketika OPEC+ bertemu, dan seberapa banyak gangguan yang terlihat di pasar karena sanksi Uni Eropa," tulis kelompok itu dalam catatannya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...