Sinergi BUMN,BNI Sediakan Integrated Cash Management bagi BKI

Integrated Cash Management mencakup layanan BNI Direct, BNI e-Collection, BNI e- Bank Guarantee dan BNI Virtual Account Debit yang digunakan untuk kegiatan
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
14 Februari 2019, 19:22
BNI
Katadata
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati (Kedua Kiri) dan Direktur Utama BKI Rudiyanto (Kanan) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait penyediaan layanan Integrated Cash Management di Jakarta, Kamis (14 Februari 2019). Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Alloysius Kiik Ro (Kiri) dan Direktur Keuangan BKI Bandung Pardede (Kedua Kanan).

Jakarta, 14 Februari 2019 --- Dalam rangka meningkatkan sinergi antar BUMN guna percepatan bisnis, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memberikan Layanan Pengelolaan Kas Terintegrasi atau Integrated Cash Management bagi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) (BKI). Integrated Cash Management mencakup layanan BNI Direct, BNI e-Collection, BNI e- Bank Guarantee dan BNI Virtual Account Debit yang digunakan untuk kegiatan operasional BKI.

 

Kerjasama antara kedua BUMN tersebut ditandai dengan penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur Utama BKI Rudiyanto serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)  antara Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur Keuangan BKI Bandung Pardede di Jakarta, Kamis (14 Februari 2019). Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Alloysius Kiik Ro.

 

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menuturkan, untuk meningkatkan control atas biaya perjalanan dinas, operasional serta petty cash dan mencegah adanya risiko penyalahgunaan uang tunai, BNI mengembangkan solusi cashless berupa Virtual Account Debit.

 

“Selain itu, BNI menyediakanlayanan BNI e-Bank Guarantee untuk mengajukan permohonan penerbitan garansi bank, memantau status penerbitan garansi bank yang telah diajukan, memantau garansi bank yang telah diterbitkan, melakukan pengecekan warkat garansi bank dan memantau penggunaan / sisa plafond garansi bank secara online melalui internet (web based) dengan alamat : https://gb-online.bni.co.id. Layanan-layanan tersebut merupakan dukungan penuh BNI untuk bisnis BKI dalam mewujudkan cashless pembayaran dan pengelolaan kas perusahaan,” ujar Susi.

 

Rudiyanto menambahkan, masing-masing layanan BNI akan digunakan oleh direksi, pegawai maupun karyawan BKI guna meningkatkan efektivitas dalam hal transaksi perbankan melalui jaringan internet. Bagi BKI, penggunaan layanan BNI ini memudahkan manajemen BKI atau karyawan dalam mengakses rekening dan transaksi perbankan melalui jaringan internet sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh BNI. BNI Direct juga dapat digunakan untuk pembayaran pajak.

 

“Saat ini BKI merupakan satu-satunya badan klasifikasi nasional yang memiliki tugas untuk mengkelaskan kapal-kapal niaga baik yang berbendera Indonesia dan asing. Melalui kerjasamanya dengan BNI, BKI terus membangun dan meningkatkan layanannya  kepada mitra dan masyarakat sehingga mempermudah untuk pembayaran bagi pengguna jasa. Kedepannya, BKI akan menjadi Holding BUMN untuk Perusahaan Jasa Survey,” ujar Rudiyanto.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait