Bahas 11 Tahun Teknologi Tokopedia di START Summit Extension

Image title
30 Agustus 2020, 11:57
Tokopedia
Katadata

Selama 11 tahun terakhir, perkembangan teknologi menjadi salah satu prioritas Tokopedia. Sebagai sebuah perusahaan teknologi, Tokopedia sangat menyadari bahwa teknologi dapat menjadi katalis yang membantu untuk mencapai misi dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di seluruh Indonesia.

Senin, 17 Agustus 2020 lalu, tepat pada perayaan hari ulang tahun ke-11, Tokopedia mengadakan acara START Summit Extension (SSE) dengan tema Shift in Indonesia’s Technology Landscape.

Acara yang ditonton oleh lebih dari 16.000 pegiat teknologi ini mengundang tiga orang pembicara spesial, yakni Leontinus Alpha Edison (Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia), Erika Hutapea (Data Analyst Lead for TopAds Tokopedia), Gilang Kusuma Jati (Engineering Manager for Travel and Entertainment Tokopedia) dan dipandu oleh Ranty Putri Rudiana (Data Analyst Lead Tokopedia).

Berbeda dengan acara SSE sebelumnya, SSE bulan ini dilakukan bersama dengan rangkaian acara lainnya yang berada di dalam Tokopedia Play Festival, acara perayaan ulang tahun Tokopedia yang disiarkan secara langsung lewat platform Tokopedia Play.

Ketika pertama kali membangun Tokopedia 11 tahun lalu, dua founder Tokopedia yakni Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya harus membangun kepercayaan dari para pengguna sekaligus membangun kebiasaan mereka untuk berbelanja melalui Tokopedia. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pengguna semakin kompleks dan terus berkembang.

“Kami melihat bahwa bukan hanya Tokopedia yang tumbuh, pengguna kami pun terus tumbuh. Ketika awal Tokopedia berdiri, kebutuhan pengguna adalah untuk berbelanja, setelah itu, muncul kebutuhan lainnya seperti fintech, same day delivery, dan lain sebagainya. Nah ini yang kami coba akomodir menggunakan teknologi,” cerita Leontinus Alpha Edison.

Leon menjelaskan bahwa awalnya Tokopedia memiliki satu lini bisnis, yakni Marketplace. Hari ini Tokopedia memiliki empat lini bisnis berbeda yaitu Marketplace dan Pembayaran, Fintech, Logistic and Fulfillment, Mitra Tokopedia, dan masih banyak lini bisnis baru lainnya yang akan datang. Selama Tokopedia berdiri, semua lini bisnis tersebut juga berupaya untuk dapat mendukung UMKM di Indonesia.

Memaksimalkan Teknologi untuk Dukung UMKM

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...