Top News: Kongsi Bisnis TikTok - Tokopedia, BEI Suspensi Saham WIKA

Aryo Widhy Wicaksono
19 Desember 2023, 05:45
Tokopedia dan TikTok
Katadata/Desy Setyowati
Tokopedia dan TikTok

TikTok telah mengumumkan akuisisi 75,01% saham PT Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Isu ini sempat ramai di kalangan pelaku pasar sebagai desas-desus, hingga akhirnya keluar pernyataan resmi dari perusahaan.

Kedua pihak sepakat menandatangani perjanjian pengambilbagian saham. TikTok akan menjadi pemegang saham pengendali baru Tokopedia, sekaligus menandai babak baru TikTok di bisnis e-commerce setelah pemerintah melarang TikTok Shop melakukan transaksi Oktober lalu.

Bergabungnya kedua entitas ini tentunya akan memberi sederet keuntungan.

Mengukur besaran keuntungan yang berpotensi terjadi akibat bisnis TikTok dan Tokopedia merupakan salah satu artikel terpopuler, bagian dari Top News Katadata.co.id.

Selain itu, simak juga jadwal tebar dividen interim Adaro Energy, serta daftar enam emiten yang akan segera melantai di Bursa Januari mendatang.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Menadah Berkah Kongsi Bisnis TikTok - Tokopedia

Kepastian mengenai masuknya TikTok sebagai pemegang saham Tokopedia, akhirnya terjawab. Perusahaan sosial media asal Cina yang dimiliki ByteDance Ltd ini mengakuisisi 75,01% saham PT Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Isu ini sebelumnya belakangan memang kian santer terdengar di kalangan pelaku pasar, hingga akhirnya peristiwa bersejarah itu terjadi pada 10 Desember 2023.

Kedua pihak bersepakat menandatangani perjanjian pengambilbagian saham. TikTok akan menjadi pemegang saham pengendali baru Tokopedia. Hal ini sekaligus menandai babak baru TikTok di bisnis e-commerce setelah TikTok Shop dihentikan sementara oleh pemerintah awal Oktober lalu.

Akuisisi ini bernilai jumbo. TikTok berkomitmen menggelontorkan investasi lebih dari US$ 1,5 miliar di Tokopedia, setara Rp 22,5 triliun. Komitmen investasi itu akan dieksekusi dalam dua skema. Pertama, TikTok bakal menggelontorkan kocek senilai US$ 840 juta atau setara Rp 13,18 triliun kepada Tokopedia terkait pengambil alihan saham tersebut dari GOTO Grup.

2. Adaro Energy Tebar Dividen Interim Rp 6,2 Triliun, Berikut Jadwalnya

Emiten pertambangan batu bara, PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) menyampaikan recana pembagian dividen interim untuk periode tahun buku 2023 dengan nilai US$ 400 juta, setara Rp 6,2 triliun dengan asumsi Rp 15.510 per dolar Amerika Serikat.

Sekretaris Perusahaan ADRO, Mahardika Putranto, mengatakan pembagian dividen interim tersebut sesuai keputusan direksi dan telah mendapat persetujuan dewan komisaris pada 14 Desember 2023.

"Pembagian dividen interim kepada pemegang saham akan dilakukan dalam mata uang rupiah dengan mengacu pada kurs tengah Bank Indonesia pada 2 Januari 2024 sebagai kurs konversi," tulis Mahardika, dalam keterangan resminya, Senin (18/12). Nantinya, dividen interim akan dibagikan kepada pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham atau recording date pada 2 Januari 2024 sampai dengan 16:00 WIB.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...