Kejar Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Bakal Seleksi Industri Prioritas

Dimas Jarot Bayu
22 Desember 2017, 15:58
Pabrik Mobil Sokon
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi pabrik mobil.

Pemerintah berencana memilih sektor industri yang jadi prioritas pada 2018. Pemerintah memandang, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi perlu berfokus pada beberapa sektor industri prioritas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah selama ini terus mendorong sekitar ratusan sektor itu untuk maju. Padahal, kata Darmin, tak seharusnya semua sektor mendapatkan perhatian yang sama. Menurut dia, pemerintah hanya perlu mendorong beberapa sektor saja untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Kami perlukan sebenarnya enggak begitu, tapi memilih di antaranya prioritasnya apa," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (22/12).

(Baca: Batik Tembus Pasar Amerika dan Eropa, Ekspor Capai US$ 51 Juta)

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian Harjanto menilai, dorongan pemerintah ke seluruh sektor industri justru dapat membuat sumber daya yang dimiliki saat ini menjadi habis. Alhasil, kemampuan pemerintah untuk dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi menjadi tak cukup.

"Kalau terlalu banyak akhirnya sumber daya yang dimiliki pemerintah ini enggak cukup mampu untuk menggerakkan pertumbuhan ini," kata Harjanto.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...