KAI Bongkar Ratusan Bangunan Liar  di Jakarta Utara

Andi M. Arief
14 Maret 2022, 14:45
KAI, kereta
ANTARA FOTO/Aprillio Akba/foc.
KRL melintas dengan latar belakang permukiman penduduk dan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (26/2/2022).

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membongkar 326 bangunan liar (bangli) di sekitar lintasan kereta api antara Stasiun Tanjung Priok dan Stasiun Ancol. Kepala Humas Daerah Operasi 1 Jakarta KAI Eva Chairunisa mengatakan pembongkaran bangunan liar antara kedua stasiun tersebut akan terus dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap pertama, KAI merobohkan bangunan liar yang tidak permanen. "Secara keseluruhan kegiatan berjalan kondusif, sebagian pemilik bangli juga ada yang telah melakukan pembongkaran mandiri," kata Eva dalam keterangan resmi, Senin (14/3).

Eva menyebutkan bangunan liar yang berdiri di sekitar lintasan rel kereta api telah melanggar tiga pasal dalam Undang-Undang (UU) No. 23-2007 tentang Perkeretaapian. Sanksi maksimum yang dapat dikenakan pada pemilik bangli di sekitar rel kereta api adalah denda paling banyak Rp 15 juta sebagaimana yang dinyatakan dalam pasal 199 UU No. 23-2007.

Ketiga pasal yang dilanggar terkait pendirian bangunan liar dalam UU No. 23-2007 adalah Pasal 173, Pasal 178, dan Pasal 181. Ketiga pasal itu menyatakan setiap orang dilarang membahayakan pengoperasian kereta api dengan mendirikan bangunan di sekitar lintasan kereta api.

Pendirian bangunan di sekitar rel kereta api dianggap menganggu pandangan bebas masinis. Selain itu, bangli bukan bagian dari kepentingan pengoperasian kereta api.

"(Kami) mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan atau mendirikan bangunan di sekitar jalur kereta api karena dapat membahayakan perjalanan kereta api," kata Eva.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun 169,5 kilometer (Km) lintasan kereta api yang tersebar di 10 daerah. Pada saat yang sama, pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas rel kereta di sembilan daerah.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...