PLN Kelebihan Pasokan Listrik, Warga dan Pengusaha Sulit Pasang PLTS

Muhamad Fajar Riyandanu
23 September 2022, 13:25
PLTS, PLN
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Petugas merawat panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (21/9/2022).

Masyarakat hingga pengusaha kembali mengeluhkan PT PLN yang dianggap mempersulit pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Atap. PLN membatasi pemasangan PLTS hanya untuk 15% dari daya listrik yang terpasang.

Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia atau AESI Fabby Tumiwa mengatakan sering memperolah aduan baik dari pihak industri maupun rumah tangga yang merasa dipersulit oleh PLN saat hendak memasang PLTS Atap.

Dia menyebutkan kemungkinan penyebabnya karena PLN mengalami kelebihan pasokan listrik atau oversupply. "Di Kalimantan dan Sumatera sama sekali enggak boleh pasang PLTS karena PLN kelebihan daya. Di Jawa dan Bali pemasangan dibatasi 15%," kata Fabby kepada Katadata.co.id, dikutip Jumat (23/9).

Selain membatasi, PLN juga menambah syarat pemasangan PLTS Atap dengan meminta konsumen menambah daya listrik. "Untuk mendapatkan izin dari PLN, calon pengguna disuruh menambah daya," kata dia.

Dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 tahun 2021, pemasangan PLTS atap disesuaikan dengan kapasitas maksimum yang terpasang. Ketetapan tersebut diatur dalam Pasal 5.

Misalnya kapasitas listrik rumah sebesar 1.300 Volt Ampere (VA), maka maksimal pemasangan PLTS Atap adalah 1.300 VA. Tujuannya agar tidak ada unsur mencari keuntungan bisnis bagi masyarakat.

"Kami dibatasi 15%, Kalau mau pasang 1,5 kWp sampai 2 kWp ya naikin dayanya, naikin sampai 7.000 VA. Artinya pelanggan harus membayar biaya lebih mahal," kata Fabby.

Artinya, pemasangan PLTS Atap tak akan berdampak pada penghematan. Sehingga konsumen pun memilih membatalkan pemasangan PLTS Atap.

Salah satu konsumen yang memilih mundur dari pemasangan PLTS Atap, yakni pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi. Dalam ciutannya di akun twitter @ismailfahmi, menceritakan keluhannya mengenai pemasangan PLTS Atap yang hanya terabatas pada 15% daya listrik terpasang.

"Bulan lalu saya mempelajari prosedur dan kemungkinan bikin PLTS buat di rumah. Sudah nanya ke PLN terdekat. Kesimpulan: mundur teratur kalau mau On Grid," kata dia.

PLN Kelebihan Pasokan Listrik

PLN saat ini mengalami kelebihan pasokan listrik yang cukup besar. Direktur PLN Darmawan Prasodjo pernah menjelaskan, di Jawa dalam satu tahun ke depan akan masuk tambahan pasokan 6.800 Mega Watt (MW). Sedangkan tambahan permintaan hanya 800 MW.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...