Diresmikan Anies Baswedan, Apa itu Sekolah Net Zero?

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 September 2022, 16:57
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan istrinya, Fery Farhati (kiri) membaca buku koleksi perpustakaan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dalam acara peresmian di Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat gedung sekolah baru dengan konsep net zero carbon atau nol emisi karbon. Anies menyebut peresmian gedung sekolah dengan konsep net zero 2022 dan green building  merupakan bagian dari upaya memajukan pendidikan sesuai perubahan zaman.

"Hari ini, Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang memiliki 'net zero school'," kata Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu (28/9).

Empat sekolah net zero 2022 yang diresmikan yakni SD Negeri Ragunan 08 di Kecamatan Pasar Minggu, SD Negeri Duren Sawit 14 di Kecamatan Duren sawit kemudian SD Negeri Grogol Selatan 09 di Kecamatan Kebayoran dan SMA 96 Jakarta di Kecamatan Cengkareng. Pembangunan sekolah net zero di empat lokasi menggunakan APBD senilai Rp 126 miliar.

Sekolah net zero 2022 tersebut merupakan sekolah percontohan menuju target Jakarta menuju kota emisi nol pada 2050. Bangunan sekolah dibangun dengan konsep emisi rendah karbon, hemat saat dioperasikan, serta sebagian besar kebutuhan energinya berasal dari energi terbarukan.

Gedungnya dirancang dengan mengoptimalkan ventilasi alam dan pencahayaan alami sehingga mengurangi emisi gas karbon akibat penggunaan energi listrik.​​​​​​​

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...