Mahfud MD Dinilai Bakal Perkuat Ganjar untuk Rebut Suara NU di Jatim

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 Oktober 2023, 12:13
Calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD bersama para pimpinan koalisi PDIP, Hanura, PPP dan Perindo, Rabu (18/10).
Humas PDIP
Calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD bersama para pimpinan koalisi PDIP, Hanura, PPP dan Perindo, Rabu (18/10).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan nama Mahfud MD menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo, Rabu (18/10). Tujuan PDIP dan koalisi menggandeng Mahfud dinilai untuk mempertebal suara dari kalangan Nahdlatul Ulama atau NU di Jawa Timur.

"Upaya ini untuk mempertebal basis dukungan pemilih NU di Jawa Timur, meski elektabilitas Ganjar cukup tinggi di Jawa Timur," kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad kepada Katadata.co.id, Rabu (18/10).

Nyarwi menyatakan, pemilihan Mahfud juga menunjukkan PDIP bersama koalisinya Hanura, PPP dan Perindo menganggap pertarungan di Jawa Timur penting. "Ini menegaskan Jawa Timur menjadi basis yang penting untuk mencapai kemenangan Ganjar," kata dia.

Namun, Nyarwi menilai Mahfud memiliki kelemahan karena tak memiliki kekuatan struktural di NU. "Apakah sepenuhnya menjamin kemenangan? karena ada kelemahan juga pak Mahfud gak punya jaringan struktural di NU," kata Nyarwi.

Dia mengatakan, suara NU di Jawa Timur akan menjadi persaingan yang ketat dengan kubu Anies Baswedan- Muhaimin. "Mereka juga ingin menarik suara NU di Jawa Timur," kata dia.

Adapun pengamat politik Ahmad Khoirul Umam menyatakan mesin politik PDI Perjuangan diperkuat dengan terpilihnya Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...