Didukung Institusi Keuangan, Aneka Tambang Siap Beli Saham Freeport

Yura Syahrul
21 Oktober 2015, 15:20
Tedy Badrujaman
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk Tedy Badrujaman.

KATADATA - PT Aneka Tambang Tbk siap membeli saham PT Freeport Indonesia, yang akan didivestasikan akhir tahun ini. Meski kondisi keuangannya belum mapan saat ini, perusahaan tambang milik negara (BUMN) ini sudah menjajaki pendanaan eksternal untuk membiayai hajatan tersebut.

Direktur Utama Aneka Tambang Teddy Badrujaman menyatakan pihaknya siap jika ditunjuk pemerintah untuk membeli 10,64 persen saham divestasi Freeport tahun ini. “Akan diadakan Focus Group Discusion (FGD) untuk kesiapan mengambil divestasi (saham) Freeport. Kami tetap bersedia," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Rabu (21/10).

Pernyataan itu menanggapi pertanyaan anggota DPR tentang kesiapan Aneka Tambang membeli sebagian saham perusahaan tambang emas di Papua tersebut. Dari sisi teknologi, Teddy mengklaim Aneka Tambang memiliki kemampuan dalam operasional tambang dalam seperti Freeport. Karena itu, selain Freeport, sebenarnya Aneka Tambang juga berminat membeli saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara beberapa tahun silam. Namun, keinginannya kandas dan saham divestasi itu jatah ke tangan konsorsium perusahaan daerah dan Grup Bakrie. “Bukan rezeki kami saat itu.”

Dari sisi pendanaan, Teddy mengakui, pondasi keuangan Aneka Tambang hingga kini belum kuat untuk membiayai pembelian saham Freeport. Namun, mereka bisa bekerjasama dengan institusi keuangan untuk mendukung pembiayaannya. Ia pun mengungkapkan sudah berdiskusi dengan sejumlah institusi keuangan untuk mendapatkan pinjaman. "Banyak yang bersedia agar kami mengambil divestasi tersebut," imbuhnya.

Meski begitu, Teddy enggan menjelaskan lebih detail mengenai upaya Aneka Tambang membeli saham Freeport skema pendanaannya. Yang jelas, dia menyambut baik rencana pemerintah menduetkan Aneka Tambang dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) untuk mendekap saham Freeport. “Inalum kan punya uang. Sistemnya seperti apa, itu nanti," ujarnya.

(Baca: Dua Pekan lagi, Keputusan Duet Antam-Inalum Beli Saham Freeport)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...