SMGR Paling Memuaskan, Telkom Mengecewakan

Image title
Oleh
16 Mei 2014, 00:00
katadata
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Semen Indonesia Tbk merupakan emiten yang paling memenuhi ekspektasi pelaku pasar dibandingkan sembilan emiten berkapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini terlihat dari realisasi kinerjanya dibandingkan estimasi analis.

Para analis saham biasanya menyusun estimasi berdasarkan kondisi fundamental perusahaan serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja emiten pada tahun tersebut.  Estimasi para analis ini kerap menjadi rujukan bagi para investor untuk menginvestasikan dananya.

Dalam delapan tahun terakhir, realisasi laba per saham atau earning per share (EPS) emiten berkode SMGR tersebut selalu berada di atas prediksi analis. Pada 2013 misalnya, perseroan berhasil membukukan EPS sebesar Rp 905 per saham lebih tinggi 0,43 persen dari estimasi analis sebesar Rp 901 per saham.

Sementara tiga emiten perbankan, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), serta PT Astra International Tbk kinerjanya juga cukup memuaskan pelaku pasar. Dalam delapan tahun, hanya sekali dari masing-masing emiten yang realisasi EPS-nya meleset.

Kinerja yang mengecewakan ditunjukkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Dalam delapan tahun, Telkom tercatat hanya sekali berhasil memenuhi harapan pasar, yakni pada 2010. Tahun lalu, dari target EPS Rp 148,5 per saham, perseroan hanya mampu memenuhi Rp 147,4 per saham.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...