Menteri ESDM Diharapkan yang Berpengalaman

Image title
Oleh
7 Agustus 2014, 14:34
esdm.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Presiden terpilih Joko Widodo diharapkan memilih sosok yang memiliki pengalaman di bidang energi untuk menempati jabatan sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sosok yang berpengalaman dinilai akan mudah menghadapi sejumlah tantangan di bidang energi yang selama ini dihadapi Indonesia.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan, sosok tersebut tidak harus dari kalangan profesional. Menurutnya, meski berlatar belakang politisi jika memiliki amanah dan menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompoknya dapat menduduki jabatan tersebut.

?Akan lebih elok lagi kalau beliau punya background, sehingga hand on terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi masing-masing kementerian,? kata Susilo di kantornya di jakarta, Kamis (7/8).

Dia menjelaskan, beberapa tantangan yang bakal dihadapi menteri ESDM selanjutnya adalah melaksanakan Kebijakan Energi Nasional (KEN). KEN merupakan pedoman pengelolaan energi yang bertujuan mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi.

Di bidang minyak dan gas (migas) meningkatkan eksplorasi migas, mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM), dan mengembangkan energi terbarukan. Sementara di bidang mineral dan batu bara (minerba), menyelesaikan Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

Selain itu, menyelesaikan proses clean and clear (C&C) Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang masih sekitar 4.500 IUP. ?Renegosiasi sudah selesai, tinggal menyelesaikan KK, PKP2B, dan C&C IUP,? tuturnya.

Kemudian di bidang pertambangan, yakni membuat kebijakan, dari segi operasional, penambangan, dan teknis. ?Sehingga siapapun yang menambang itu memenuhi kaidah-kaidah, jadi kerusakan lingkungan nggak terjadi.?

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...