Ekonomi Melambat, Andrinof Tak Mau Disalahkan

Safrezi Fitra
11 Mei 2015, 11:47
Andrinof Chaniago ------------------------ Arief Kamaludin|KATADATA
Andrinof Chaniago ------------------------ Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyebut target pertumbuhan ekonomi yang tidak tercapai bukanlah kesalahan Bappenas. Andrinof menjelaskan tugas utama Bappenas adalah membuat perencanaan dan ide pembangunan.

Seperti diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis pertumbuhan ekonomi kuartal I 2015 sebesar 4,71 persen. Angka ini lebih rendah dari periode yang sama tahun 2014 lalu yang masih mencapai angka 5,14 persen.

 ?Kalau target ekonomi tidak tercapai, itu bukan salah Bappenas. Salah alamat itu,? kata Andrinof pekan lalu.

Andrinof meminta agar penilaian masalah kinerja ditujukan kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) yang mengurusi masalah teknis. Pasalnya K/L biasanya dibebankan target-target tertentu sebagai indikator keberhasilan suatu rencana dalam rentang waktu tertentu.

Sementara Bappenas merupakan institusi yang merumuskan arah pembangunan. Bappenas bertugas merumuskan perencanaan pembangunan berdasarkan ide-ide dengan pertimbangan yang kuat. Jadi, kata Andrinof, inti lembaga perencanaan itu adalah bagaiamana menghasilkan ide yang berkualitas.

(Baca: Gubernur BI Kritik Cara Komunikasi Pemerintah)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...