Bappenas Rancang Pengembangan Masela seperti Bintulu di Malaysia

Ameidyo Daud Nasution
24 Februari 2017, 18:13
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah akan menjadikan Bintulu di Sarawak, Malaysia sebagai contoh dalam pengembangan wilayah Masela sebagai basis industri Minyak dan Gas (Migas). Hal itu dinyatakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Ia mengaku telah melihat bagaimana Bintulu dikelola. Di daerah tersebut, menurutnya, tak ada perbedaan antara fasilitas yang dikerjakan kontraktor untuk para pekerja migas serta fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) untuk masyarakat. Hal tersebut menginspirasi dirinya akan desain awal pengembangan wilayah Masela tanpa adanya pemisahan.

Untuk diketahui Bintulu merupakan salah satu kota yang mengandalkan minyak dan gas bumi sebagai sumber ekonominya. Di kota tersebut juga terdapat fasilitas pengolahan Liquefied Natural Gas (LNG) besar serta pelabuhan LNG.

(Baca juga: Pengembangan Industri di Masela Butuh Jaminan Harga dan Alokasi Gas)

"Kami selesaikan segera dalam tahun ini untuk gambaran awalnya," kata Bambang usai acara diskusi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jakarta, Jumat (24/2).

Ia tak ingin kegagalan pengembangan kota berbasis sumber daya alam kembali terulang. Ia menyebut pengembangan wilayah seperti Lhokseumawe (Blok Arun) dan Bontang sebagai contoh kegagalan itu.

Penyebabnya, menurut dia adalah karena pemerintah saat itu membiarkan kontraktor minyak dan gas bumi membuat kantong-kantong wilayah (enclave) sendiri. Di sana, beberapa fasilitas seperti lapangan terbang, komplek perumahan, serta rumah sakit biasanya dibuat oleh kontraktor dan hanya untuk kalangan internal.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...