Kementerian ESDM Izinkan Pengadaan Teknologi Masela Tanpa Lelang

Anggita Rezki Amelia
15 Mei 2017, 20:04
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyetujui keinginan Inpex Corporation untuk melakukan penunjukan langsung dalam pengadaaan teknologi yang digunakan untuk Proyek Blok Masela. Perusahaan asal Jepang ini mengajukan permintaan ini, agar pengembangan Blok Masela bisa dilakukan lebih cepat.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan permintaan Inpex tersebut sudah disepakati Kementerian ESDM sejak lama. "Ya silahkan saja (penunjukkan langsung). Menurut kami sudah tidak ada isu mengenai hal itu," kata dia di Jakarta, Senin (15/5). (Baca: Luhut Minta Kajian Desain Awal Blok Masela Selesai Tahun Ini)

Berdasarkan surat Menteri ESDM Ignasius Jonan kepada Presiden Direktur Indonesia Inpex Masela Ltd tertanggal 15 Maret 2017, pemerintah memang mengizinkan penunjukan langsung mengenai pemilihan teknologi Blok Masela. Langkah ini bisa dilakukan jika proses lelang tidak dimungkinkan. Penunjukan itu juga harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.  

Pada 13 April lalu Inpex mengirimkan surat balasan kepada Menteri ESDM. Intinya, Inpex membutuhkan dukungan resmi dari pemerintah terkait persetujuan ini. Dukungan yang diminta adalah surat instruksi dari Menteri ESDM, kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) agar dapat menjalankannya.

Selain itu, Inpex juga meminta Menteri Jonan memberikan instruksi kepada Direktorat Jenderal Migas dan SKK Migas, agar dapat memulai pendiskusian mengenai amendemen kontrak Blok Masela. Amendemen ini mencakup penambahan waktu kontrak tujuh tahun akibat perubahan skema dari kilang terapung menjadi di darat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...