Populi Center: Jokowi Lebih Digandrungi Milenial Ketimbang Prabowo

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2019, 06:51
Jokowi dan Prabowo di KPU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Survei Nasional Populi Center menyebut para milenial lebih mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sebanyak 50% responden milenial atau responden yang berusia 34 tahun ke bawah memilih pasangan tersebut.

Adapun lawan tandingnya, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendapatkan suara 38,1% responden. Adapun 11,9% responden milenial belum menentukan pilihannya. Angka keunggulan indikatif juga ditunjukkan responden non milenial di mana 55,9% responden berusia 35 tahun ke atas memilih paslon nomor urut 01. Sedangkan paslon 02 hanya mendapatkan elektabilitas 28%.

"Sebarannya 50% milenial dan 55,9% non milenial (34 tahun ke atas) memilih Pak Jokowi," kata Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan, di Jakarta, Kamis (7/2).

Survei nasional ini dilakukan pada 20-27 Januari lalu. Total ada 1.486 responden yang terlibat dengan margin error 2,53%. Secara umum, Jokowi masih mengungguli Prabowo dengan tingkat keterpilihan 54,1% melawan 31%. Sedangkan 14,9% responden belum menentukan pilihan.

(Baca: LSI Denny JA: Elektabilitas Jokowi di Kalangan Pemilih Muslim Turun)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...