Dibandingkan Asing, Investor Domestik Lebih Percaya kepada Pemerintah

Happy Fajrian
22 Februari 2019, 17:04
Jokowi Tinjau Sistem Perizinan Online
Oji/Humas Kepresidenan
Presiden Jokowi meninjau layanan Online Single Submission di PTSP BKPM, Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Tidak sedikit gelombang kritik yang mengalir kepada pemerintah yang menilai kinerja pemerintah saat ini. Bahkan majalah The Economist sempat menerbitkan sebuah artikel yang mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

Salah satu kritikan media ekonomi asal Inggris dalam artikel yang bertajuk "Indonesia's Economic Growth is Being Held Back by Populism", yaitu soal ketidakmampuan pemerintah merealisasikan janji ekonomi Presiden Jokowi sehingga Indonesia tidak dapat merealisasikan potensi pertumbuhan ekonominya.

Tidak hanya kritikan tersebut dibantah oleh pemerintah dengan berbagai data yang komprehensif, hasil survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan tingkat indeks kepercayaan investor kepada pemerintah (IKIP) sebesar 147,7.

(Baca: Menjawab Kritikan The Economist Soal Perekonomian Era Jokowi)

Sebagai informasi, rentang nilai indeks ini yaitu antara nol, yang artinya investor sama sekali tidak percaya kepada pemerintah, hingga nilai maksimum 200 yang menunjukkan investor sama sekali tidak ada keraguan kepada pemerintah. Selain itu, nilai 100 menunjukkan sikap investor yang netral.

Survei ini dilakukan terhadap 172 investor institusi dari perusahaan manajemen investasi, dana pensiun dan asuransi, baik dari sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun asing/joint venture (JV), yang saat ini mengelola dana investasi lebih Rp500 triliun di Indonesia.

Beberapa faktor yang dinilai dalam survei ini yaitu kepercayaan investor kepada pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyediakan lapangan kerja, menciptakan suasana aman dan tenteram, menjaga stabilitas harga barang dan jasa, menyediakan dan merawat infrastruktur, serta memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan.

Dari 172 investor yang disurvei, sebagian besar investor menyatakan yakin bahwa pemerintah akan menjalankan tugasnya tersebut dengan baik. Hanya saja pada aspek memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan hanya 47,7% investor yang menyatakan pemerintah sudah melakukannya dengan baik.

(Baca: Jelang Pemilu, Investor Asing Lebih Optimistis Kondisi Politik Stabil)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...