Harapan Hidup Meningkat, Tapi Bayi Malnutrisi

Image title
Oleh
27 Februari 2015, 12:17

KATADATA ? World Bank menyebut penduduk Indonesia semakin sehat. Hal ini tercermin pada angka harapan hidup yang meningkat dari 68 tahun menjadi 71 tahun selama rentang sepuluh tahun. Angka ini menjadi tolak ukur bagi kualitas hidup di sebuah negara yang mencerminkan tingkat kemakmuran suatu negara.

Dalam rentang yang sama, jumlah kematian bayi pun menurun drastis dari 48 menjadi 31 kematian per seribu kelahiran bayi. Walau angka kematian bayi turun, masih banyak balita yang mengalami malnutrisi. Sebesar 12 persen balita bertubuh kurus dan 37 persen balita bertubuh kecil.

Kematian ibu per 100 ribu kelahiran bayi pun masih cukup tinggi hingga 190. Angka ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand (26) dan Vietnam (49).

Pemerintah berusaha mengatasi berbagai masalah tersebut melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Agar pelayanan kesehatan dasar yang lebih merata bisa tercapai, masih diperlukan banyak pembangunan infrastruktur kesehatan dengan fasilitas yang lebih lengkap terutama untuk wilayah Indonesia Timur. 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami