Cara Turun Daya Listrik PLN yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
14 Juni 2022, 08:09
cara turun daya listrik
ANTARAFOTO/Rahmad
Ilustrasi, pekerja memasang meteran listrik di salah satu rumah warga saat pengerjaan pemasangan jaringan listrik program listrik masuk wilayah desa tertinggal di Dusun Jabal Antara, Aceh Utara.

Baru-baru ini PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN kembali mengeluarkan kebijakan penyesuaiakn tarif listrik. Penyesuaian ini berlaku mulai 1 Juli 2022 khusus untuk pelanggan 3500 volt ampere (VA) ke atas.

Terkait dengan kenaikan tarif listrik ini, PLN mengizinkan pelanggan mengajukan penurunan daya listik jika merasa keberatan. Lantas, bagaimana cara turun daya listrik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Turun Daya Listik

Bagi sebagian masyarakat, kenaikan tarif listrik ini cukup memberatkan. Menyadari hal ini, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mempersilakan masyarakat yang ingin turun daya. Menurutnya, pindah daya ini termasuk hak asasi dari masing-masing pelanggan.

Darmawan juga menyarankan pelanggan yang mengajukan penurunan daya agar menyesuaikan dengan konsumsi listrik. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengalami kendala teknik seperti sekring rumah yang turun akibat konsumsi lebih besar dibandingkan daya listrik yang dimiliki.

Kenaikan listrik ini dikarenakan besaran empat indikator ekonomi makro meningkat, terutama harga minyak mentah dunia yang tinggi sehingga beban produksi listik yang dihasilkan PLN meningkat. Dalam katadata.co.id, diterangkan bahwa setiap kenaikan 1 US$ dari harga minyak mentah dunia berdampak pada biaya pokok produksi listrik secara keseluruhan sampai Rp500 miliar.

Jika Anda pelanggan listrik 3500 VA ke atas dan merasa diberatkan akibat kenaikan tarif listrik ini, Anda bisa melakukan penurunan daya listrik. Cara turun daya listrik ini cukup mudah. Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto dalam kompas.com, menyebutkan langakah-langkah untuk mengajukan penurunan daya listrik. Berikut penjelasannya.

1. Menyiapkan Data

Langkah pertama yang harus dilakukan saat hendak menurunkan daya listrik yaitu menyiapkan data dan berkas yang dibutuhkan. Beberapa berkas yang diperlukan yaitu nomor ID Pelanggan/Rekening, alamat lengkap, nomor telepon, nomor identitas, surat kuasa untuk pemohon yang mengajukan atau bermohon atas nama orang lain.

2. Menyelesaikan Seluruh Tagihan

Perlu diketahui bahwa sebelum mengajukan permohonan penurunan daya listrik, pelanggan harus menyelesaikan semua tagihan listrik atau kewajiban lainnya.

3. Menunggu Proses Verifikasi PLN

Setelah semua data dan tagihan terselesaikan, Anda bisa langsung mengajukan penurunan daya. Perlu diketahui bahwa penurunan daya ini harus dilakukan oleh petugas PLN.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...