Mekanisme Pemberhentian Presiden di Indonesia Berdasarkan Konstitusi

Annisa Fianni Sisma
26 Oktober 2022, 16:19
pemberhentian presiden
PEXEL
Ilustrasi, Bendera Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan sistem pemerintahan presidensial yang dipimpin oleh seorang Presiden. Sistem ini turut mempengaruhi beberapa aspek pemerintahan di Indonesia.

Presiden di Indonesia dipilih sekaligus bersama Wakil Presiden melalui pemilihan umum yang berlangsung 5 tahun sekali. Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia tersebut akan menjabat selama satu periode atau 5 tahun dan dapat dipilih kembali sebanyak satu kali.

Berkaitan dengan masa kepemimpinan seorang presiden, tentu menarik jika membahas tentang mekanisme pemberhentian Presiden di Indonesia. Oleh karena itu, berikut penjelasan terkait mekanisme pemberhentian presiden di Indonesia.

Sekilas tentang Sistem Pemerintahan Indonesia

Indonesia dipimpin oleh seorang presiden karena menggunakan sistem pemerintahan presidensial. Sistem presidensial menunjukkan pemegang kendali dan penanggung jawab jalannya pemerintahan negara adalah presiden. Menteri akan berperan dalam membantu melaksanakan tugas Presiden di berbagai bidang yang menjadi tanggungjawabnya.

Sistem pemerintahan Indonesia tersebut termaktub pada Pasal 4 Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD NRI 1945), yang berbunyi “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” Presiden Indonesia hadir sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan.

Sebelumnya, telah diketahui bahwa masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia adalah 5 tahun. Berkaitan dengan pelengseran atau pemberhentian atau impeachment presiden, mekanisme pemberhentian tersebut tercantum pada Pasal 7A dan 7B UUD NRI 1945.

Pasal 7A UUD NRI 1945 tersebut berbunyi: “Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul Dewan Perwakilan Rakyat, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden”.

Selanjutnya dapat diketahui bahwa impeachment atau pemberhentian Presiden di Indonesia melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Mekanisme Pemberhentian Presiden dan/atau Wakil Presiden

Berdasarkan Pasal 7A UUD 1945 Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan oleh MPR atas usul DPR jika terbukti melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.

Ketentuan tersebut diperjelas pada Pasal 7B ayat (1) UUD NRI 1945. Aturan ini, menyatakan bahwa pemberhentian Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diajukan oleh DPR kepada MPR.

Usul pemberhentian tersebut, dilakukan dengan terlebih dahulu mengajukan permintaan kepada MK, untuk memeriksa, mengadili, dan memutus pendapat DPR bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden telah melakukan pelanggaran hukum.

Pelanggaran hukum yang dimaksud, berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela, dan/atau pendapat bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden. Pendapat yang dimaksud, merupakan pelaksanaan fungsi Pengawasan DPR sesuai undang-undang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...